Lihat ke Halaman Asli

Thian Hendrawan

Guru Kelas SDN 1 Batukaras

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3

Diperbarui: 12 Maret 2023   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

"Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda."

-Nadiem Makarim-

Dibuat oleh : Thian Hendrawan, S.Pd

CGP Angkatan 6 Kabupaten Pangandaran

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

1. Dasar Filosofi KHD

“Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.”

2. Poin Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

  • Dimensi Beriman, bertaqwa Kepada Tuhan YME, diharapkan akan mampu berperilaku positif terhadap lingkungan alam yang merupakan perwujudan dari dimensi beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia
  • Bergotong royong, Pada kegiatan ini kerjasama, berkomunikasi, berdiskusi dengan berkontribusi individu terhadap kelompoknya perlu ditumbuhkan untuk mencapai impian bersama 
  • Bernalar kritis, Menumkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi program ini.
  • Mandiri, secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap hasil kesepakatan kelompok
  • Kreatif, Kegiatan juga menumbuhkan kembangkan kemampuan murid dalam mencari solusi alternaif pemecahan masalah yang akan terjadi pada setiap langkah program kegiatan

3. Karakteristik Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkang

  • Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinterkasi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai- nilai social positif yang berbasis pada nilai- nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.
  • Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan. 

4. Prakarsa Perubahan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline