Lihat ke Halaman Asli

Muhammad RanmaRizkyka

KKNT UNISRI 2021

Mahasiswa KKNT Unisri Membantu Masyarakat Memperbarui Data Kependudukan

Diperbarui: 4 Agustus 2021   02:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKNT Unisri memperbarui data kependudukan di salah satu kediaman warga RT 03 RW 12 Kelurahan Danukusuman, Kota Surakarta, Selasa (3/8/2021)/dokpri

(Danukusuman, 03 Agustus 2021) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) MBKM Wujudkan Desa Bangkit, Universitas Slamet Riyadi Surakarta membantu masyarakat memperbarui data kependudukan seperti Kartu Keluarga.

Muhammad Ranma Rizkyka dari kelompok 43 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Oktiana Handini, S.Pd. M.Pd., melakukan kegiatan tersebut supaya data dalam dokumen kependudukan tersebut sama dengan realitanya. 

Hal itu bertujuan agar Kelurahan dan Pemerintah Kota Surakarta memiliki data yang valid yang nantinya dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat kebijakan sosial Pemerintah Kota Surakarta.

Kegiatan tersebut dilakukan sendiri oleh Ranma pada hari Selasa, 03 Agustus 2021 di rumah masing-masing warga RT 03 RW 12 Kelurahan Danukusuman. 

Ranma membantu salah satu warga RT 03 RW 12 Kelurahan Danukusuman dengan mendatangi kediaman warga tersebut. "Saya mendatangi rumah beliau dan membantu mengurus dokumennya, mengingat beliau yang sudah memasuki usia lanjut, sehingga akan berat bagi beliau jika harus keluar rumah, apalagi masih adanya pandemi seperti ini" katanya.

Ranma juga menghimbau kepada warga untuk segera membuat atau memperbarui data kependudukan mereka, seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk. 

"Dokumen-dokumen tersebut sebagai bukti bahwa seseorang merupakan penduduk sah Negara Kesatuan Republik Indonesia." ujarnya. Selain itu, juga ada sanksi administrasi jika terlambat melaporkan perubahan data. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline