Lihat ke Halaman Asli

Theresia Sumiyati

https://www.kompasiana.com/theresiasumiyati8117

Mengenali Diri Sendiri

Diperbarui: 10 Maret 2021   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mengenali Diri Sendiri

Setiap orang perlu mengenali dirinya sendiri lebih daripada orang lain mengenalnya. Orang lain melihat, berkomentar, sedangkan diri sendiri adalah yang merasakan, menjalani, mengalami, dan menentukan arah.

Mike George dalam bukunya menulis bahwa tak ada orang lain yang menciptakan pikiran dan perasaan Anda. Anda sendiri yang dapat           mengubah pikiran, emosi, serta perasaan Anda.

Mengenali diri secara fisik sangat perlu, untuk menentukan apa yang harus dilakukan, dan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Keadaan tertentu bisa membuat  tubuh terasa fit, siap melakukan aktivitas sepanjang hari, tetapi bisa juga terjadi sebaliknya.

Misalnya:

  • Tidur terlalu malam/ kurang tidur, membuat leher tegang dan sakit kepala. Maka sebaiknya memperhatikan waktu tidur. Harus dihindari jangan sampai begadang yang menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang. Leher yang tegang, sakit kepala akan mempengaruhi aktivitas sepanjang hari jika tidak segera diatasi. Jika salah satu anggota tubuh kita sakit, tentu seluruh badan akan merasakannya.
  • Tidak sarapan membuat badan lesu dan tak bergairah. Usahakan selalu sarapan setiap pagi. Supaya tubuh siap untuk beraktivitas dengan baik. Hal ini dilakukan untuk mencegah tubuh lesu dan gemetar pada saat bekerja, atau bahkan yang lebih fatal lagi sampai pingsan. Kalau terjadi seperti ini tentu akan merugikan diri sendiri, dan pastinya merepotkan orang lain.
  • Minum es membuat pilek. Ada sebagian orang yang tidak bisa minum dingin. Tetapi beberapa orang tidak masalah dengan jenis minuman ini. Bagi yang sensitif dengan minuman dingin, tentu harus menghindarinya. Minum air hangat, atau air biasa yang tidak didinginkan di dalam kulkas akan menjadikan lebih baik.
  • Kurang buah/ sayur membuat susah buang air besar. Sudah diketahui bahwa buah dan sayur banyak mengandung serat yang sangat berguna di dalam pencernaan tubuh manusia. Maka alangkah baiknya menyertakan sayur atau buah pada menu makanan yang disediakan, sehingga buang air besar bisa rutin dan lancar.

Mengenali pemicu yang membuat tubuh tidak nyaman memang perlu dilakukan.  Agar aktivitas sehari-hari tidak terhalang oleh masalah yang kadang ditimbulkan oleh diri sendiri. Diri sendiri yang akan merasakan tubuhnya enak atau tidak enak, bugar atau tidak bugar. Maka diri sendiri yang memerintahkan dan menjalani hal-hal positif ini.

Jika tubuh kita sehat, hati senang, orang lain kita akan senang juga melihatnya. Jika tubuh kita tidak sehat, uring-uringan, kita akan mendengar kata-kata ini dari orang lain, "kasihan", tetapi tetap diri sendiri yang merasakan sakitnya.

Nah, itu gunanya mengenali diri sendiri. Tentu masih banyak hal lain yang bisa ditambahkan, selain hal-hal di atas. Semoga dengan mengenali diri, semakin terarah kebiasaan-kebiasaan baik yang telah ada, karena manisnya hidup kita yang tentukan (kata sebuah iklan).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline