Lihat ke Halaman Asli

Theresia Oktavia

Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak di SMAN 1 Sintang Kalimantan Barat

Diperbarui: 12 Januari 2023   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi mahasiswa peserta PLP-2 IKIP PGRI Pontianak bersama Kepala Sekolah SMAN 1 Sintang

(Jum'at, 2 Agustus 2022) Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak khususnya angkatan 2019 kembali melakukan kegiatan/program PLP-2 yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa keguruan IKIP PGRI Pontianak sebagai prasyarat kelulusan program sarjana (S1) keguruan, dimana sekelompok mahasiswa ditempatkan kedaerah asal masing-masing sesuai ktp setiap mahasiswa. Kali ini ada sekitar 30-an mahasiswa yang bertempat khususnya di Kabupaten Sintang. 

Sejumlah 8 orang mahasiswa IKIP PGRI Pontianak diterjunkan di SMAN 1 Sintang (NEXA) dengan 3 mahasiswa program studi bahasa inggris, 2 mahasiswa program studi Teknologi Informasi, 1 mahasiswa program studi Matematika, 1 mahasiswa program studi Penjaskesrek dan 1 mahasiswa Bahasa Indonesia. Mahasiswa diterjunkan selama kurang lebih 3 bulan dalam mengikuti program PLP-2 ini, kegiatan utama mahasiwa adalah sebagai asisten mengajar guru sesuai dengan program studinya masing-masing. Kegiatan PLP-2 yang dimulai pada tanggal 2 Agustus 2022 hingga tanggal 9 November 2022 berjalan dengan lancar. Selain turut aktif dalam kegiatan pembelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran, mahasiswa turut serta pula dalam kegiatan non-akademik seperti ekstrakurikuler diluar jam pembelajaran. Selain itu, mahasiswa ikut ambil bagian serta memeriahkan pada kegiatan perayaan HUT Kemerdekan RI yang ke-77 serta Dies Natalies/ulang tahun SMAN 1 Sintang pada tanggal 31 agustus hingga 3 September, setiap kegiatan sekolah di SMAN 1 Sintang, mahasiswa turut aktif membantu dan berperan sebagai bentuk tanggung jawab sebagai peserta PLP-2  IKIP PGRI Pontianak.

Kegiatan mahasiswa peserta PLP-2 IKIP PGRI Pontianak sebagai asisten guru ataupun mahasiswa magang yang berlangsung selama kurang lebih 3 bulan berjalan dengan lancar. Banyak pengalaman serta ilmu yang mahasiswa dapatkan dari guru ataupun staf di SMAN 1 Sintang (NEXA), terutama mahasiswa belajar dalam menguasai kelas yang dimana berisi siswa-siswa dengan bermacam-macam karakter.

Kegiatan program PLP-2 berakhir pada tanggal 9 November 2022 yang diakhiri dengan penyusunan laporan akhir dan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa serta pembuatan video dokumentasi selama 3 bulan kegiatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline