Lihat ke Halaman Asli

Theresia Alvina Wen

Copywriter & Marketer

Kecerdasan Emosional dalam Komunikasi Kerja

Diperbarui: 20 Desember 2022   02:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Kecerdasan Emosional

Sebagai manusia yang memiliki emosi, tentunya terdapat beberapa hambatan dan masalah yang timbul di dalam proses komunikasi, baik dalam lingkup keluarga, pertemanan, ataupun pekerjaan. Oleh karena itu kecerdasan emosional sangat dibutuhkan di dalam proses komunikasi.

Mungkin sekarang kamu bertanya-tanya, apa itu kecerdasan emosional?

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memahami perasaan, menilai perasaan yang mana yang tepat untuk situasi tertentu, dan untuk mengkomunikasikan perasaan tersebut secara efektif. Menurut Daniel Goleman (2005), kecerdasan emosi seseorang menyumbang pengaruh besar terhadap komunikasi interpersonal seseorang karena orang yang cerdas emosinya dapat mengenali emosi, mengendalikan emosi, memotivasi diri, empati, dan hubungan sosial sehingga mampu melakukan komunikasi dengan baik. (Krisdyawati, 2017)

Kecerdasan Emosional Dalam Pekerjaan

Terkadang, kita sering berjumpa dengan masalah seputar komunikasi di dalam pekerjaan. Sebagai contoh, terdapat perbedaan gaya atau nada bicara antar karyawan, seperti seseorang terbiasa berbicara dengan nada keras, tetapi orang lain dapat menganggap dirinya sedang marah sehingga dapat timbul kesalahpahaman, bahkan konflik yang lebih besar (Utami, 2020).  Tetapi dengan kecerdasan emosional, kamu dapat lebih memahami dan menghargai adanya perbedaan tersebut sehingga kamu dapat memberikan respon yang tepat.

Sebagai contoh lain, coba jawab pertanyaan ini, "ketika Anda sedang mendapat masalah seperti ditegur oleh atasan atau mendapat tekanan pekerjaan yang sedang menumpuk, apakah Anda akan merasa stress dan melampiaskan emosi ke rekan kerja Anda?". Jika jawabannya iya, maka Anda masih butuh untuk menumbuhkan kecerdasan emosional Anda. Karena dengan kecerdasan emosional, Anda dapat mengendalikan emosi dan memotivasi diri Anda dengan lebih baik sehingga tekanan luar tidak akan mengganggu kinerja pekerjaan Anda ataupun merubah cara komunikasi Anda.

Cara Menerapkan Kecerdasan Emosional

  • Identifikasi Emosi Anda
  • Tentukan Bagaimana untuk Mengekspresikan Emosi
  • Kontrol Cara Anda Berekspresi
  • Responlah dengan Benar dan Berhati -- Hati Ketika Orang Lain Menyampaikan Emosi.
  • Mengkomunikasikan Masalah yang Ada Secara Langsung, Profesional, dan Efektif
  • Menghargai Batasan Hak dan Kewajiban dalam Komunikasi Antar Rekan Kerja

References

Krisdyawati, R. C. (2017). PENGARUH ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN IBU. Skripsi, 2.

Utami, N. W. (2020, Februari 19). Penyebab & Contoh Konflik di Kantor Beserta Cara Mengatasi. Retrieved from ajaib.co.id: https://ajaib.co.id/penyebab-contoh-konflik-di-kantor-beserta-cara-mengatasi/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline