Lihat ke Halaman Asli

Theresia Aurelia

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Hidup dalam Keberagaman

Diperbarui: 9 September 2022   00:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hidup dalam Keberagaman

1. Output Karya

Saya memilih untuk membuat poster untuk merepresentasikan makna keberagaman bagi Saya. Berikut adalah output karya yang berupa poster buatan Saya.

2. Referensi Karya

Untuk referensi karya, Saya terinspirasi oleh salah satu lukisan dalam Pameran Bersama Pasca Sarjana ISI Yogyakarta Tahun 2014 yang digelar di Bentara Budaya Yogyakarta.

Hidup dalam Keberagaman

3. Tema Karya

Tema karya yang Saya ambil adalah 'Keberagaman'.

4. Latar Belakang Karya

Latar Belakang karya ini diambil dari banyaknya keberagaman yang terdapat di Indonesia. Adapun faktor dari banyaknya budaya di Indonesia adalah seperti letak strategis wilayah Indonesia yang terletak di antara 2 samudra (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia) dan 2 benua (Benua Asia dan Benua Australia). Majunya komunikasi dan transportasi juga mempengaruhi keberagaman di Indonesia. Kondisi alam juga mempengaruhi kekayaan alam dan budaya seperti daerah dataran tinggi tentu berbeda dengan daerah dataran rendah. Masyarakat Indonesia juga memiliki perbedaan pendapat terkait penerimaan budaya baru sehingga menimbulkan perbedaan budaya yang berujung kepada keberagaman yang ada. Keberagaman yang ada hendaknya kita saling melengkapi dan bukannya menjadi sumber masalah. Marilah kita saling menghormati keberagaman sebagai bangsa yang berbudaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline