Lihat ke Halaman Asli

theresia vionywijaya

MAHASISWA UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Market Research and Discontinous New Product

Diperbarui: 30 Mei 2022   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : simplilearn.com

Pada saat ini banyak masyarakat yang bersaing untuk menciptakan suatu inovasi jasa maupun produk, yang dimana hal ini banyak diminati oleh pasar yang berguna di masa sekarang. Setiap bisnis tidak dapat dibantah untuk mempunyai target dalam mencapai keuntungan. Sebagai seorang pengusaha generasi anak muda seperti pada masa saat ini tentunya sangat ingin untuk menciptakan suatu inovasi baru yang berguna untuk memudahkan menjalankan kehidupan.Seorang pengusaha tentunya harus memahami dan mengenal target pasar dalam mencapai kesuksesan sebuah jasa atau produk (pendekatan tarik pasar untuk inovasi). Manfaat dari pendekatan ini adalah untuk proses pengembangan jasa atau produk yang telah banyak diartikulasikan dan mudah dipahami karena saat ini persaingan sangat banyak dengan kompetitor dan sangat cepat. Dengan semakin maju perkembangan teknologi, memudahkan pengusaha melakukan penelitian untuk memahami dan mengenal target pasarnya karena kebutuhan masyarakat semakin banyak dan terus meningkat, sehingga masyarakat terus mencari jasa atau produk yang dapat memudahkan mereka dalam menjalankan hidupnya terutama bagi generasi milenial yang menginginkan kehidupan serba instan.Pengusaha milenial tentunya mempunyai target pasar yang terdapat generasi milenialnya. Di mana ini cenderung lebih sulit dimengerti daripada generasi sebelumnya. Hal ini menjadi tantangan pengusaha dalam menciptakan inovasi agar generasi milenial bisa merasakan sebuah jasa atau produk yang memudahkan kehidupan mereka menjadi serba instan.


- Riset pasar (Market Research)


Sumber gambar : harmony.co.id

                                                     

Riset pasar adalah proses dalam menentukan produk baru atau layanan melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan pelanggan potensial. Riset pasar memungkinkan perusahaan dalam menemukan pasar sasaran serta mendapatkan umpan balik dan pendapat lainnya dari konsumen mengenai minat mereka pada suatu layanan atau produk. Pengembangan dan komersialisasi teknologi baru mempunyai ketidakpastian yang melekat dan mempunyai resiko terkait. Sehingga, membutuhkan strategi teknologi yang menjanjikan menjadi aliran ekonomi pengembalian terhadap para pemangku kepentingannya.

Hasil riset pasar sering menghasilkan reaksi negatif terhadap produk baru yang tidak berkelanjutan (produk inovatif) sehingga menjadi menguntungkan bagi perusahaan yang berinovasi. Contoh seperti mesin faks dan penyedot debu. Meskipun demikian, perusahaan berusaha mencari pandangan dari konsumen mengenai ide produk baru mereka. Perdebatan mengenai penggunaan riset pasar dalam pengembangan produk baru sudah lama dan kontroversial.

Jurnal Berri Briliant Albar, Indah Maya Sari, Mayang Larasati, dan Sapta Eka Putra (2020) yang berjudul “IPTEK berbasis inkubasi inovasi dan dunia usaha : Market Research produk-produk inovasi Universitas Andalas”. Dari jurnal ini disimpulkan bahwa persepsi konsumen dari berbagai segmentasi pasar terhadap produk produk inovasi yang menjadi sampel. Sehingga melalui kegiatan ini dapat diperoleh point of parity dan point of difference dari produk tersebut, selain itu calon konsumen dapat memberikan penilaian positif dari segi rasa dan minat beli. Kegiatan ini juga membantu dalam memperkenalkan dan mengedukasi calon konsumen mengenai produk-produk, diharapkan dapat menjadi pembeli ketika dikomersialisasikan.

- Produk Baru yang Tidak Berkelanjutan (Discontinous New Product)

Sumber gambar : powerretail.com.au

Inovasi besar disebut sebagai produk baru yang tidak berkelanjutan pada saat mereka berbeda dari produk yang ada di bidang itu, terkadang menciptakan suatu pasar baru dan ketika mereka membutuhkan pembeli untuk mengubah pola perilaku mereka. Inovasi sebagai proses sosial berpendapat hal itu memerlukan waktu terhadap masyarakat untuk belajar dan bereksperimen dengan produk baru. Hal ini menimbulkan masalah dalam menghadapi konsumen dengan pengetahuan awal yang terbatas dan bagaimana melakukan riset pasar pada produk yang baru. Sehingga, terdapat dua kesulitan yaitu masalah pemahaman inovasi utama dan masalah pemilihan respondendan.

Dalam kasus inovasi produk yang tidak berkelanjutan, penggunaan dan validitas metode riset pasar sangat dipertanyakan. Hal ini dapat dikatakan bahwa lebih sedikit daripada lebih, riset pasar dibutuhkan jika inovasi produk utama diperlukan, pendekatan seperti ini ditandai oleh model inovasi teknologi dorongan. Produk yang muncul dari suatu pendekatan dorongan teknologi dapat dihasilkan dengan adanya sedikit pertimbangan pada pasar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline