Lihat ke Halaman Asli

Theresia Herdiana Uli

Mahasiswa di Stim Sukma

Capital Cost: Definisi, Faktor, Manfaat, Jenis, dan Contoh

Diperbarui: 6 Desember 2022   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

DEFINISI CAPITAL COST

Biaya modal adalah biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh dana, baik yang berasal dari hutang, saham preferen, maupun laba ditahan untuk mendanai suatu investasi atau operasi perusahaan (Harjito dan Martono,2003).

Biaya modal sama dengan modal yang diinvestasikan perusahaan dikalikan rata-rata tertimbang dari biaya modal (WACC), (O'Byrne).

Dari penjelasan tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa capital cost adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan dana.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI COST OF CAPITAL

Dari https://en.wikipedia.org/wiki/Cost_of_capital  ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cost of capital yaitu sebagai berikut :

  • Kondisi Perekonomian Saat Ini 

Jika bank berkembang mereka dapat dengan mudah memberikan pinjaman dengan bunga rendah karena mereka periu meningkatkan penjualan untuk stabilitas produk mereka. Pada saat itu, biaya hutang perusahaan akan berkurang yang merupakan bagian dari biaya modal perusahaan. Bukan hanya bank tetapi seluruh kondisi ekonomi harus baik-baik saja untuk ini.

  • Struktur Modal 

Saat ini Ketika kita telah mempelajari strukruktur modal yang optimal, kita harus mempelajari biaya modal karena untuk struktur modal yang optimal, kita perlu menghitung biaya modal rata-rata tertimbang. Tetapi jika perusahaan tidak mempertimbangkan biaya modal sebagai factor, kita dapat memasukkan studi tentang sruktur modal saat ini sebagai factor biaya modal.

  • Kebijakan Deviden Saat Ini

Setiap perusahaan harus membuat kebijakan dividen. Berapa jumlah laba total, perusahaan tertarik untuk membayar sebagai dividen. Untuk itu, kita harus mempelajari Price-Earning Ratio (Dividen/EPS). Jika Price Earning Ratio akan meningkat, biaya laba ditahan akan berkurang karena kita akan mengurangi uang yang ditahan dan digunakan untuk mempromosikan bisnis sebagai sumber dana.

  • Mendapatkan Dana Baru 

Kebutuhan dana baru perusahaan juga akan mempengaruhi biaya modal. Jika perusahaan membutuhkan biaya sebesar Rp. 500 juta untuk promosi bisnis, maka perusahaan harus membayar bunga yang tinggi karena dengan ini, risiko Lembaga keuangan akan meningkat. Setiap penyedia pinjaman bekerja dengan kesabaran karena perlu menganalisis suatu perusahaan sebelum memberikan pinjaman besar.

  • Keputusan Keuangan Dan Investasi

Ketika kami mendapatkan modal saham atau utang baru, kami harus memberi tahu penyedia dana tentang penggunaan dana mereka. Jika ada lebih banyak risiko dalam investasi, baik pemegang saham maupun kreditur akan mendapatkan imbalan yang tinggi untuk ini. Jadi, keputusan keuangan dan investasi kita akan mempengaruhi biaya modal.

  • Tarif Pajak Penghasilan Saat Ini 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline