Lihat ke Halaman Asli

therealkhana

Menulis menyenangkan diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain

Puasa, Santai Aja!

Diperbarui: 28 Maret 2024   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Tidak heran ketika berpuasa tubuh kita terasa lebih lemas dari biasanya. Tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu tertentu membuat asupan cairan berkurang. Akan tetapi, itu bukan alasan untuk membuat kita jadi malas-masalan berolahraga.

Biasanya teman-teman di kantor saya sering jogging di pagi hari di lingkungan kantor. Sepanjang Ramadan ini hal tersebut jarang terlihat. Tidak perlu jauh-jauh, saya pun tidak lagi melakukan aktivitas tersebut karena khawatir kelelahan- dan mengganggu ibadah berpuasa. Sebenarnya hal tersebut tidaklah tepat. Olah raga tetap perlu dilakukan meskipun kita sedang berpuasa. Hanya saja perlu dipastikan bahwa hal tersebut tidak perlu diforsir.

Olah raga ringan dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap segar dan tentu saja sehat. Pilihlah jenis olah raga yang ringan dan tidak memberatkan. Atur ritme atau waktunya supaya bisa tetap memperoleh manfaat olah raga tanpa mengganggu ibadah yang sedang dilakukan di bulan Ramadan. 

Contoh olah raga yang bisa dilakukan selama berpuasa adalah jogging, bersepeda, yoga, pilates, maupun jalan santai. Kita sendiri yang mengetahui batasan untuk diri kita. Jadi, tidak perlu membanding-bandingkan tingkat ketahanan diri kita dengan orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline