Lihat ke Halaman Asli

therealkhana

Menulis menyenangkan diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain

Lansia Berpuasa, Siapa Takut!

Diperbarui: 25 Maret 2024   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pexels.com/Thirdman 

Beribadah di bulan Ramadan menjadi kepuasan tersendiri bagi umat muslim. Tak terkecuali bagi mereka yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Berpuasa merupakan ibadah wajib, sehingga membuat lansia tidak mau ketinggalan menjalankannya. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa menjadi perhatian bagi para lansia maupun keluarga yang memilik anggota keluarga lansia yang ingin tetap berpuasa.

  • Pastikan sedang dalam kondisi sehat. Bagi lansia yang mengidap penyakit tertentu, perlu konsultasi ke dokter apakah memungkinkan untuk melakukan puasa. Apabila diizinkan, lansia dan keluarga lansia bisa lebih tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadah.
  • Jangan melewatkan sahur. Sahur merupakan sarana untuk menutrisi tubuh sebelum menjalankan ibadah puasa. Sahur sangat dianjurkan untuk dilakukan. Khususnya bagi para lansia, sebaiknya tidak meninggalkan sahur supaya tubuh lebih kuat menjalankan ibadah puasa.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih. Kira-kira 70% dari bagian tubuh kita terdiri atas air. Oleh karena itu, air memegang peranan penting bagi tubuh. Kekurangan air bisa mengakibatkan tubuh dehidrasi dan gampang lemas. Oksigen yang diangkut ke otak dan anggota tubuh lainnya melalui aliran darah juga bisa terganggu apabila kita kurang mengonsumsi air. Air putih menjadi pilihan terbaik, khususnya ketika berbuka. Hindari mengonsumsi minuman dengan kafein tinggi supaya tidak cepat terdehidrasi pada saat berpuasa.
  • Konsumsi makanan sehat. Baik saat berbuka maupun sahur, pastikan lansia mengonsumsi makanan yang bergizi. Konsumsi buah dan sayur harus diperbanyak supaya tubuh tetap segar selama berpuasa dan memiliki kekebalan tubuh. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup juga dibutuhkan guna mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
  • Tidur yang cukup.
  • Sempatkan tidur siang, khususnya bagi lansia. Terutama mengganti waktu tidur yang digunakan untuk sahur. Tidur yang cukup bisa membantu memulihkan kembali kesegaran tubuh dan mengurangi stres.
  • Aktif bergerak. Bagi para lansia, bergerak yang cukup sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya. Tidak perlu berat, cukup dengan gerakan sederhana dan olah raga ringan, sehingga otot-otot tubuh tidak kaku dan puasa menjadi lebih bersemangat.

Jadi, jangan khawatir untuk berpuasa bagi para lansia. Tetapi tetap perlu memerhatikan do's dan don'ts nya supaya puasa tetap bisa berjalan dengan lancar. Sehat dapat, ibadah dapat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline