Lihat ke Halaman Asli

Ragu Theodolfi

TERVERIFIKASI

Penikmat seni, pencinta keindahan

Yopi Ludji, Menyuarakan Seni dalam Keterbatasan

Diperbarui: 14 Juli 2024   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yopi Ludji, anak muda yang kreatif (Foto:dokpri)

Dalam dunia yang serba cepat dan penuh dengan teknologi canggih, sering kali kita lupa bahwa kreativitas sejati tidak memerlukan kemewahan atau fasilitas yang berlebihan.

Bagi Saya, situasi ini diwakili oleh sosok seorang anak muda yang luar biasa, yang lahir dan hidup dalam kesederhanaan. Namanya Yopi Ludji. 

Di tengah kesederhanaan hidup, seorang Yopi Ludji telah membuktikan bahwa keterbatasan ekonomi bukanlah penghalang untuk berkarya dan berkreasi.

Anak pertama dari enam bersaudara ini lahir di Kupang tanggal 2 Januari 1986. Ayahnya bernama Leonard Ludji dan ibunya Yohana Ludji Kani. 

Pelatih grup vokal dan Pencipta lagu

Meskipun hidup dalam kesederhanaan, Kaka Yopi -demikian dirinya disapa-,  tidak pernah merasa kekurangan. Dia justru hidup mandiri. Kecintaannya akan musik setiap hari, membuat dirinya semakin bertumbuh. Musik bagi seorang Kaka Yopi bukan sekedar hiburan, melainkan medium untuk menyampaikan cerita dan harapan.

Berbekal gitar yang dimiliki,  Kaka Yopi membagikan talenta bermusik yang dimilikinya dengan orang lain. Dia menjadi pelatih vokal grup. Sasarannya adalah anak-anak muda yang aktif di gereja atau mereka yang memiliki kecintaan yang sama dalam dunia musik. 

Hal ini telah dilakukannya selama  bertahun-tahun. Dirinya sangat menyadari bahwa dengan membagikan talenta yang ada, lantas tidak membuat talentanya berkurang, justru  membuat dirinya semakin berkembang dan bertumbuh. 

Keterbatasan yang ada, justru menjadi sumber inspirasi dan semakin menempa Kaka Yopi menjadi lebih kreatif. Di balik bilik sederhana di rumahnya, Kaka Yopi telah menciptakan beberapa lagu rohani yang menyentuh. 

Beberapa lagu ciptaannya telah disematkan pada akun Youtube miliknya yang diberi nama Yopi Ludji channel. Karya-karya Kaka Yopi sarat dengan makna. Nada-nada sederhana namun menyentuh hati, membuat siapa pun yang mendengarnya dapat merasakan kedalaman emosi yang disampaikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline