Lihat ke Halaman Asli

niqi carrera

ibu rumah tangga

Bentrokan Lagi! Bukti Islamofobia Meningkat di India

Diperbarui: 12 Agustus 2023   02:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

islamofobia di India (pexels.com/ginu plathottam

Keadaan di India akhir bulan lalu semakin mencekam setelah terjadi bentrokan mematikan antara kelompok Hindu dan Muslim pada Senin (31-7-2023), yang menewaskan lima orang. Kondisi memprihatinkan tersebut bukti bahwa islamofobia di India semakin parah.

Kekerasan tersebut pecah ketika sebuah prosesi agama Hindu melintasi daerah Nuh yang mayoritas dihuni oleh umat Islam, sekitar 50 kilometer dari New Delhi.

Secara kronologis, semula prosesi ini direncanakan untuk berpindah dari satu kuil ke kuil lainnya, tetapi bentrokan akhirnya meletus di tengah perjalanan, mengakibatkan empat orang meninggal dunia.

Pada malam Senin, kekerasan merembet ke wilayah tetangga, Gurugram. Di sana, sebuah masjid dibakar, bahkan merenggut nyawa wakil imam masjid dan melukai satu orang lainnya.

Bukan Kejadian Baru

Serangan terhadap umat Islam di India bukanlah hal yang baru. Mereka sering menghadapi islamofobia dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka mengalami kekerasan, penganiayaan, hingga seruan-seruan yang mengancam mereka. Buldoser bahkan digunakan untuk merobohkan rumah-rumah di lingkungan mayoritas Muslim dengan alasan yang tidak jelas, dan pejabat setempat dengan terang-terangan membenarkan pembongkaran tersebut.

Pada tahun 2022, pemerintah Negara Bagian Karnataka yang dikuasai oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) melarang siswi memakai hijab di sekolah-sekolah, dan bahkan menuduh siswi Muslim tersebut memiliki motif politik. Nyatanya, islamofobia sudah seperti menjadi norma di India. Para kritikus sering kali mengaitkan sentimen anti-Islam dengan pemerintahan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Islamofobia diduga semakin berkembang di India seiring dengan meningkatnya supremasi Hindu atau Hindutva. Hindutva adalah gerakan nasionalisme Hindu yang bertujuan untuk menjadikan India sebagai negara Hindu. Faksi Hindutva telah lama menganut islamofobia.

Pemerintah Tidak Berbuat Apa-apa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline