Lihat ke Halaman Asli

Anjas Permata

TERVERIFIKASI

Master Hypnotherapist

8 Tips Sehat dan Fit Saat Menjalankan Puasa Ramadan

Diperbarui: 6 April 2023   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumentasi pribadi

Berpuasa di bulan Ramadan bagi umat muslim adalah sebuah kewajiban. Kita diharuskan menahan haus dan lapar selama berjam-jam. Oleh karena itu diperlukan kondisi fisik yang prima agar ibadah puasa kita nyaman dan lancar.

Dilansir dari berbagai sumber, aktivitas berpuasa juga bisa menjadi salah satu cara detoksifikasi alami bagi tubuh untuk membuang zat-zat beracun. 

Proses detoksifikasi ini dapat berjalan optimal manakala kita menjaga asupan nutrisi, menerapkan pola hidup sehat dan menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi fit.

Nah, kali ini izinkan saya membagikan 8 tips sehat dan fit saat menjalankan puasa ramadan. Cekidot!

1. Disiplin Menjalankan Sahur

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2021/04/07/ramadhan-makin-dekat-berikut-hal-yang-harus-disiapkan-untuk-sahur-3_169.jpeg?w=700&q=

Dalam menjalankan ibadah puasa, sahur merupakan aktivitas yang disunahkan kawan. Jadi menjalankan sahur sama halnya kita menunaikan ibadah sunah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah." (HR. Bukhari)

Sama seperti sarapan pagi, sahur dapat memenuhi kecukupan energi tubuh Anda sampai tiba waktu berbuka. Selain itu, sahur juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/MfCmjvje1823KM9sI4F7oSHvR_w=/1200x900/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-pr

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan, oleh karena itu kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat berpuasa.

Kita dianjurkan untuk minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari. Kita bisa membaginya di waktu-waktu tertentu. Semisal 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah berbuka dan 2 gelas sebelum tidur malam.

Dengan begitu kita tidak akan kekurangan cairan atau tetap terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

3. Lengkapi Asupan Nutrisi Seimbang

https://cms.sehatq.com/public/img/article_img/ini-pengertian-gizi-yang-mungkin-belum-anda-pahami-1576488266.jpg

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline