Lihat ke Halaman Asli

Anjas Permata

TERVERIFIKASI

Master Hypnotist

Delegasi Pekerjaan dan Sisi Baik Rangkap Tugas untuk Bawahan

Diperbarui: 23 Agustus 2021   01:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pemimpin harus memperhatikan beberapa hal sebelum mendelegasikan tugas| Sumber: Freepik via grid.id

Seorang pemimpin yang baik bukanlah pemimpin diktator yang asal memimpin dan memerintah, melainkan pemimpin yang mampu memahami dan mengoptimalkan peran serta tugas bawahannya.

Sebagai pemimpin di sebuah organisasi atau di perusahaan, tentu Anda memiliki wewenang, tugas dan tanggung jawab. Berbagai wewenang yang disematkan boleh jadi Anda delegasikan.

Dalam ruang lingkup profesional, kegiatan pendelegasian adalah hal yang biasa. Seorang atasan bisa menyerahkan langsung sebagian tugas dan/atau wewenang kepada bawahan atau kepada mereka yang secara struktur organisasi lebih rendah.

Beberapa ahli mengatakan bahwa yang dimaksud dengan delegasi adalah suatu aktivitas memberikan sebagian wewenang dan tanggung jawab kepada orang lain untuk melakukan satu atau beberapa kegiatan, dimana pihak penerima wewenang harus mampu mempertanggungjawabkan kepada pihak pemberi wewenang.

Namun perlu diperhatikan bahwa pelimpahan wewenang tidak seluruhnya dipandang baik oleh bawahan. Mungkin ada yang senang dengan tambahan pekerjaan dari Anda, tetapi tidak sedikit juga yang menilai delegasi itu sebagai beban karena mereka harus menjalankan rangkap tugas.

Sumber: track2ticket.com

Memang dunia profesional adalah sebuah ekosistem yang unik. Kita tidak bisa menerapkan standarisasi yang sama terus-menerus, melainkan diperlukan penyesuaian-penyesuaian atau adaptasi tergantung dari situasi dan kondisi yang tengah dihadapi.

Bagi pemimpin, delegasi dapat bermanfaat untuk mengurangi pemborosan waktu. Dengan melimpahkan sebagian wewenang (selama masih dalam kontrol), seorang pemimpin bisa memanfaatkan waktu yang tersedia untuk melihat dan berpikir strategis dalam pemenuhan operasional perusahaan yang dipimpinnya.

Dikotomi rangkap tugas tidak akan selesai jika belum ada konsensus pemahaman tentang makna delegasi dan rangkap tugas itu sendiri. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar aktivitas pelimpahan wewenang bisa dijalankan dengan baik. Hingga akhirnya delegasi justru akan menjadi sisi baik rangkap tugas bagi bawahan.

1. Menyesuaikan Job Description

Sumber: employsure.com.au

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline