Lihat ke Halaman Asli

Hybrid Journalism: Koalisi Super Power antara Jurnalis Professional dengan Pewarta Warga

Diperbarui: 26 Juni 2015   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Citizen journalism berarti proses pengumpulan data dan menyampaikan berita yang dilakukan oleh warga bukan oleh jurnalis professional. Media mainstream yang sebelumnya memonopoli pembuatan berita hingga produksi berita, kini tidak lagi mampu memonopoli setelah jurnalis warga turut serta dalam proses tersebut.

Citizen Journalism lahir ketika jurnalis professional bersama media mainstream tidak mampu mengcover seluruh peristiwa yang terjadi. Kebutuhan masyarakat akan informasi yang memadai melatarbelakangi lahirnya citizen journalism. Abraham Zapruder adalah pewarta warga yang berhasil merekam detik-detik kematian presiden Amerika ke-35, John Fitzgerald Kennedy, yang tertembak pada 22 November 1963. Cut Putri, juga berhasil merekam detik-detik pertama tsunami Aceh pada tahun 2004.

Rekaman yang dimiliki oleh Abraham dan Putri tidak dibuat oleh tangan dan kamera professional, namun memiliki nilai berita yang sangat tinggi. Apa yang mereka rekam pada akhirnya menjadi berita utama di media mainstream. Dengan demikian, peranan pewarta warga dengan jurnalis professional dapat menjadi koalisi yang baik dalam menyajikan berita untuk khalayak luas.

Layakkah Disebut Berita?

Jurnalis professional selama ini melaporkan peristiwa dengan kemampuan jurnalistik. Kemampuan tersebut yang membuat para jurnalis berada di jalur penyampaian berita yang benar. Jalur yang benar berarti akurat, presisi, memiliki nilai berita dan tidak melanggar kode etik. Tanpa pemahaman jurnalistik, sulit untuk seorang dapat membuat berita dengan benar.

Dengan demikian, citizen journalism menemui kendalanya. Di satu sisi dapat membantu jurnalis professional, namun di sisi lain keberadaannya tidak diperhitungkan karena minimnya kemampuan jurnalistik. Minimnya kemampuan jurnalistik akan memungkinkan berita yang dihasilakan tidak benar, tidak presisi dan bukan merupakan fakta. Kegagalan memaparkan fakta ini terjadi karena dinding pembatas antara opini dan fakta tidak dipahami oleh pewarta warga.

Berdasarkan pengamatan, berita-berita yang ditulis pewarta warga di Kompasiana, salah satu portal beita citizen journalism, banyak yang hanya merupakan opini. Selain itu, kompasianer juga kerap menulis berita yang bombastis dan sekedar menarik demi menjadikan tulisan mereka popular. Banyak berita yang dihaslikan dari pengamatan dan opini mereka tanpa bukti-bukti yang jelas. Hal ini tentunya membuat berita yang ditulis pewarta warga layak diragukan kebenarannya.

The Power of Citizen Journalism

Terlepas dari setiap kelemahan yang dimiliki pewarta warga. Citizen journalism memiliki kekuatan yang tidak dimiki oleh jurnalis professional. Kekuatan tersebut di antaranya adalah kecepatan. Sebagai saksi mata suatu peristiwa, tentunya pewarta warga hadir lebih dulu daripada jurnalis professional. Hanya dengan kamera ponsel di tangannya, pewarta warga dapat merekam atau memotret peristiwa lebih dahulu daripada jurnalis professional.

Selain kecepatan, pewarta warga seharusnya dapat lebih objektif dalam menyajikan berita. Tidak seperti jurnalis professional yang harus tunduk pada otoritas pemilik modal atau kepentingan politik tertentu, pewarta warga tidak mendapat tekanan dari mana pun. Hal ini seharusnya memungkinkan pewarta warga untuk lebih objektif dalam melihat setiap peristiwa. Kecepatan dan objektivitas di sini dapat disebut sebagai kekuatan internal pewarta warga.

Sedangkan kekuatan eksternal adalah, adanya situasi yang mendukung berkembangnya citizen journalism, seperti perkembangan teknologi dan menurunnya keprcayaan public kepada media mainstream. Perkembangan teknologi seperti internet yang memudahkan komunikasi, tentunya menjadi factor pendukung berkembangnya citizen journalism.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline