Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Sedih, Tidak Ada yang Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Diperbarui: 7 Juni 2020   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ulang Tahun ke 70 ditandai rasa sedih, nestapa dan gundah gulana.   Kenapa tidak ada yang mengucapkan Selamat Ulang Tahun dihari kelahiran 14 Syawal 1441 Hijirah. Apa yang salah, apakah sobat dan sahabat tidak ada yang tahu bahwa awak berulang tahun hari ini.  Ya bersamaan dengan 6 Juni 2020.

Rasa sedih itu hanya sebentar saja setelah paham bahwa pada umumnya Rakyat Indonesia lebih mengenal Kalender Masehi ketimbang Almanak Hijriah. Sebagai Umat Islam sebaiknya kita mengenal juga Alamak Islam.  Tetap jumlahnya 12 bulan hanya saja jumlah hari berbeda (kurang) 11 hari dibanding dengan kalender Masehi.

Awak lahir di Tempino Jambi pada tanggal 7 Juli 1952.  Almarhum Ayahanda Haji Dahlan bin Affan mencatat hari kelahiran Thamrin Dahlan di Mushaf Al Qur'an. Demikian pula dengan tanggal lahir 4 saudara lainnya. Ibunda Almarhumah Hj. Kamsah binti Sutan Mahmud menyaksikan dan membenarkan catatan sejarah tersebut.

Hari Ulang  tahun di hitungan Kalender Masehi masih satu bulan lagi.   Biasanya Ucapan Selamat Ulang Tahun dari sobat dan sahabat serta keluarga masuk ke media sosial facebook, Tlephon dan Aplikasi What'app berjibun alai banyak sekali. .  Wajar saja itulah tanggal lahir yang dikenal selama suadara saudara sekalian.

Dari mana bisa mengetahui tanggal, bulan dan tahun kelahiran  hitungan Almanak Hijriah.   Mbah Google bisa membantu anda.  Ketik saja sebagai key word conventer masehi ke hijri maka akan muncul aplikasi sebagai berikut :

https://www.islamicfinder.org/islamic-date-converter/

Awak mengisi pada kolom

Tanggal :7

Bulan  : 7

Tahun : 1952

kemudian kliq : convert

Maka seketika keluar data : 14 Syawal 1371 Hijriah hari Monday atawa Senin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline