Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Siap Laksanakan Wajib Pakai Masker

Diperbarui: 6 April 2020   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok cnb.com

dok cnb.com

  • Pelangi pelangi alangkah indahmu
  • Merah putih dilangit nan tinggi
  • Mari Perangi corona tak jemu jemu
  • Tetap bersih sepanjang hari

Seperti diberitakan Jakarta, CNBC Indonesia - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan bahwa pemerintah menjalankan program 'masker untuk semua' per 5 April 2020 sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar," ujar Yuri pada konferensi pers, Minggu (5/4/2020).

Yuri mengatakan masyarakat harus menggunakan masker kain jika hendak keluar rumah dan ia menganjurkan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam lalu kemudian harus di cuci dengan sabun.

Sebagai warga negara saya dan juga anda seharusnya mengikuti seluruh himbauan Pemerintah. Itulah tanggung jawab sebagai warga negara patuh atas semua regulasi yang sudah ditetapkan. Sudah banyak kebijakan Pemerintah terkait covid 19 mylai dari stay at home, work from home dan physical distacing serta cuci tangan pakai sabun.

Saat ini ditegaskan lagi bahwa warga wajib memakai masker ketika keluar rumah. Selama ini anjuran itu tidak begitu dipaksakan namun setelah World Health Organization (WHO) mengeluarkan keputusan untuk seluruh dunia maka tidak ada pilihan lain wajib pakai masker.

Selaiknya Pemerintah menyediakan masker gratis untuk rakyat miskin tidak mampu. Jangan lagi mereka dibebani sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan pokok. Apalagi harga masker dipasaran sudah tidak terkendali. Pak Presiden harga masker sangat mahal bagi dompet kaum dhuafa.

Alternatif selain beli masker dianjurkan juga memakai masker dari kain. Bisa dibuat sendiri 3 lapis atau membeli dari teman. Tetap saja mengeluarkan uang apalagi dibutuhkan beberapa masker untuk setiap anggota keluarga. Ayo bersama kita sedekah masker untuk kesehatan bersama.

masker34-5e8a853d097f3625617601b2.jpg

dokpri

Anjuran memakai masker ketika diluar rumah sudah kami laksanakan jauh jauh hari.  Keluar rumah hanya khusus untuk kegiatan olahraga yaitu jalan kaki di pagi hari di seputar Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP).  Alhamdulilah beberapa persediaan masker sudah kami hadiahkan pada  saudara dhuafa yang kebetulan kewat di depan rumah.

Stock masker saat ini sudah habis dan kini menunggu kedatanagn masker ya g dipesan via online.  Inilah yang bisa dilakukan sebagai bentuk peduli dalam rangka menangkal penularan dan penyebaran virus corona. Alangkah indahnya apabila ketika berpapasan dengan saudara yang tidak memakai masker kita hadiahkan alat penutup hidung dan mulut sebagai wujud kebersamaan. 

  • Minum tersedak 'krna buru buru
  • Jangan bosan meminum jamu
  • Sementara tidak terima tamu
  • InshaAllah Lebaran saling menjamu
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline