Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Jangan Sampai Ada Celah Sedikitpun

Diperbarui: 17 September 2019   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pernahkah tuan wisata ke Manado
Apakah disana ada gado gado
Irjen Pol dr Arthur Tampi Putra Manado
Sukses 7 tahun pegang komando

Suksesi kepemimpinan di jajaran Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri berjalan mulus.  Kaderisasi merupakan keberhasilan pendahulu yang telah menyiapkan pengganti untuk menduduki jabatan strategis. Irjen Pol dr Arthur Tampi setelah 7 tahun (2012  - 2019)  memimpin,  wajahnya tampak ceria,  lega dan puas menyerahkan jabatan Kapusdokkes Polri kepada Brigjen Pol dr. Musyafak.

Rotasi dan mutasi dalam satu organisasi adalah suatu keniscayaan.  Ketika seorang perwira di promosikan ke jabatan yang lebih  tinggi tentu jabatan yang ditinggalkan wajib di tempati. Kombes Pol Dr dr Rusdianto, MM, M.Si,  DFM promosi ke jabatan bintang satu sebagai Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk 1 R Said Soekanto. Sementara Kombes Pol dr Asep Hendra Diana Sp. An M. Kes dipercaya menduduki jabatan Sekretaris Pusdokkes Polri.

dokpri

Sarapan pagi terhidang roti
Ditambah kopi hilanglah letih
Pemimpin datang silih berganti
Takdir tetapkan perwira terpilih

Pemimpin atau komandan boleh berganti namun tugas pokok dan fungsi organisasi Pusdokkes Polri tidak akan berubah. Sesuai dengan visi misi Polri yang dicanangkan Kapolri Jendral Tito Karnavian yaitu Promoter (Profesional, Modern Terpercaya). 

Brigjen Pol dr Musyafak diharapkan dengan pengalaman selama 3 tahun  6 bulan memimpin pada jabatan teras Dokkes Polri mampu meningkatkan kinerja pendahulu dalam bidang Dukungan Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan. Paling tidak Citra Polri dimata masyarakat sudah semakin  baik atas kinerja Rumah Sakit Bhayangkara Tk 1 RS Soekanto bisa terus dipertahankan.

Jendral asli  Manado ini memang terkenal humble, rendah hati dan pantang menyerah.  Tangguh dan bisa dipercaya oleh pimpinan dan anak buah tentu kebanggaan keluarga. Kebesaran hati dr Arthur menjadi catatan sejarah ketika dengan rela dan sangat legawa ketika anak buahnya naik pangkat satu tinggkat dari dirinya. Inilah peristiwa patut dikenang sepanjang masa dan jarang terjadi sehingga  akhirnya Beliau juga mendapat anugerah Bintang dua.

dokpri

Tukang Ojek RS POLRI memakai rompi
Dipunggung rompi ditulis tak pernah tua
Luarbiasa kebesaran hati dr Arthur Tampi
Merelakan dr Didi terlebih dulu berbintang dua

Ketika menyampaikan sambutan pada acara lepas sambut Irjen Pol dr Arthur Tampi menekankan satu pesan saja. Pesan kepada para junior agar menjaga jangan sampai ada celah sedikitpun antara jabatan Kapusdokkes Polri dan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk.  1 RS Soekanto. Tentu saja analog dengan menjaga kekompakan antara Kabiddokkes Polda dengan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara di kewilayahan.

Makna dari arahan terakhir dr Arthur Tampi  wajib dijaga karena apabila ada celah diantara 2 pejabat maka akan terjadi perpecahan dan akan dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengadu domba. Dr Arthur Tampi selama memimpin 7 tahun telah membuktikan dalam kepeminpinan bersama dengan Kepala Rumah Sakit Polri  Irjen Pol dr Didi Agus Mntadi Sp Jp.DFM.

Lebih lanjut dokter polisi ke 4 berbintang 2 menegaskan bahwa jabatan Kapusdokkes Polri dan Karumkit Bhayangkara ibarat 2 sisi dari mata uang. Bersatu abadi takkan terpisah pada kondisi bagaimanapun. Seandainya terjadi celah dalam artian ada perbedaan kebijakan pada fungsi organisasi menyangkut man, money, material, metoda dan market  maka tujuan organisasi akan terganggu. Penulis berpikir ketika ada celah maka akan berakibat tercela.

Jalanlah terus belok ke kanan
Berhenti sejenak di lampu merah
Alangkah nikmat hidup pensiunan
Semua tanggalan kalender terlihat merah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline