Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Ketika Masehi dan Hijriah Berdamai

Diperbarui: 1 September 2019   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Entah sengaja atau tidak yang pasti tanggal 1 Muharram 144i Hijirah bersamaan dengan tanggal 1 September 2019. Yes sama sama tanggal 1 (satu).  Kesamaan waktu seperti ini sungguh sangat jarang terjadi bersebab jumlah hari di setiap bulan pada hitungan masehi berbeda dengan hitungan hijriah.

Dapat dipastikan jumlah hari pada bulan bulan hijriah kalau tidak 30 pasti 29.  Sedangkan pada hitungan masehi jumlah hari kalau tidak 30 pasti 31.  Hanya bulan Februari agak istimewa karena dia bisa berumur 28 atau bergantian 29 setiap 4 tahunan

Ittulah sebabnya secara keseluruhan jumlah hari dalam setahun antara 2 kalender ini berbeda 11 hari. Menurut para pakar astronomi hitungan masehi berdasarkan matahari sedangan kalender hijriah berdasarkan hitungan bulan atau qomariah. Masehi dalam setahun  berumur 365 hari sedangkan Hijriah hanya 354 saja.

dokpri

Sobat pembaca.  Perhatikan gambar berwarna merah diatas yang mengkhabarkan kalender meja. Ternyata tanggal 1 September 2019 bersandingan dengan tanggal 1 Muharram 1441 Hijriah.  Damai dan akur bukan.  

Lembaran ini akan sama terus mencatatkan tanggal yang persis sampai tanggal 29 September. Ketika anda menyobek pas pada tanggal  30 September 2019 ternyata pada hitungan hijriah sudah masuk ke tanggal 1 Syafar 1441 H. Perhatikan pula dokumen diatas yang berwarna biru.

Artinya beredengan antara masehi dan hijriah hanya 29 hari saja.  Entah pada tahun berapa lagi peristiwa seperti ini akan terjadi.  Awak sebagai orang awam terus terang tidak bisa menghitung.  Para pakar astronomi tentu bisa menjawab pertanyaan ini. Satu hal yang jelas dikemajuan teknologi saat ini hitungan tersebut sangat gampang dikerjakan.

Urutan Bulan Masehi dan Hijriah

1. Muharram -  Januari

2. Syafar -  Februari

3. Rabbiulawal  - Maret

4. Rabbiulklhir  - April

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline