Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Cara Mudah Membuat Pantun

Diperbarui: 29 Juli 2019   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

 

Sebenarnya tidak susah susah banget membuat Pentun.  Memakai pepatah nenek moyang bahwa segala sesuatu pekerjaan itu memiliki filosofi : alah bisa karena biasa.

Itulah ilmu yang penulis gunakan  ketika menyusun  rangkaian pantun.  Belajar sebagai pemula selama berhari berpekan hari  sampai akhirnya menemukan satu metode bagaimana membuat pantun secara mudah.

Kesulitan menyusun pantun ketika  mencocokkan kata baris perbaris. Oleh karena itu sebaiknya kita membuat terlebih dulu  baris 3 dan 4.

Baris ke 3 dan 4 adalah pesan atau makna  dan tujuan isi dari pantun  itu sendiri yang akan disampaikan.  Setelah baris 3 dan 4 didapatkan baru kita menyusun baris 1 dan 2

Ternyata baris 1 dan 2 lebih mudah disusun karena bebas memilih kosa kata sebagai bentuk lampiran atau kiasan dari pantun.  Perbendahraan bisa dipilih dari alam, tumbuhan, khewan, kota dan segala macan contoh kehidupan.

Rumus pantuh memang sangat khas dan berlaku secara umum , Ujung kata pada baris 1 dan 3 harus sama demikian pula ujung kata pada baris 2 dan 4 .

Rumus AB AB atau AA AA atau BBBB

Satu lagi rahasia membuat pantun lebih enak dibaca yaitu ketika kita hanya meletakkan 4 kata saja pada satu baris.  A[pabila dalam 1 baris melebih 4-5 kata maka agak sulit mengatur irama ketika pantun di dendangkan dengan cara melayu.

Bukan santun sembarang santun
Anda santun orangpun  suka
Bukan pantun sembarang pantun
Pantun Anda bersarat makna

Silahkan amati pantun yang terdapat di buku awak ke 21 berjudul Kumpulan Pantun telah diterbitkan Juli 2019. Terdapat 400 pantun yang dibagi dalam 40  kategoori. InshaAllah semua pantun menggunakan rumus sederhana versi Thamrin Dahlan

Selamat mencoba

Salamsalaman

TDF




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline