Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Yon Bayu: Ada Duit di Youtube

Diperbarui: 12 November 2018   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

 

Sudah cukup lama awak tak berkopdar ria dengan kompasianer. Sabtu, 10 November 2018 {Semangat Hari Pahlawan} bergegas ke Kolla Place di kawasan Sabang Jakarta Pusat. Selain ingin bersua dengan sahabat blogger tergabung komunitas Click / Commuterline Community of Kompasiana dikomandoi Mbak Muthiah Alhasany, ada manusia magnet disana. Dialah Mas Yon Bayu (YB). 

Workshop Belajar Membuat Vlog bagi Pemula diikuti  23 kompasianer dari beragam usia. Pemula banget bagi awak dan sobat se almamater Syed Taufikuieks.   Terbelalak itulah kosa taka paling tepat ketika  mendengarkan kelancaran YB menjelaskan secara detail apa itu vlog dan seluk beluk kompetisi dunia maya.

Ini dia dunia baru yang dulunya hanya sebatas menulis, posting kemudian kopdar, kompasianival dan menerbitkan buku.  Belum terpikir bagaimana mendapatkan uang banyak dari dunia ini. Ternyata diluar sana awak ketinggalan banget. Dunia blogger itu bertingkat tingkat ibarat susunan langit 1 sampai langit ke 7.  YB sudah bertengger dilangit 5 berkat kerja keras pantang menyerah. Wajar ketika memperlihatkan account pertambahan nilai $ berdasarkan hitungan hari bahkan per-menit.  "Bukan sombong atau rendah hati tetapi memang diantaranya beda tipis"  gurau YB   

dokpri

Wartawan dua atau tiga zaman survival itulah gelaran baru awak untuk sosok yang susah dibedakan apa sesungguhnya pekerjaannya. Apakah dia  jurnalis, penulis novel, blogger, gosh writer yang pasti kini awak baru tahu dia juga seorang  youtuber berduit.

Satu hal pasti seperti diungkapkan YB bahwa apapun profesi anak manusia di muka bumi ini harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. Kalau tidak akan tergerus kemajuan zaman, hanyut dalam kenestapaan. Fakta :  hanya 2 dari  10 wartawan jaman surat kabar harian survival. Bisa selamat dalam artian wartawan yang mau belajar teknologie informasi berhubungan dengan internet.  Gaptek dilawan maka hiduppun bertahan.

Selama  kurang lebih 2 jam YB menjelaskan secara sistematis bagaimana mendapatkan uang dari pekerjaan jurnalis. Ada 4 tahapan yang perlu dilalui, namun awak lebih tertarik pada tahapan terakhir yaitu bertambahnya debet rekening bank.   Tidak munafik bukan, karena  pekerjaan ini halalan thoyiban, legal / tidak melanggar hukum dengan satu syarat : serius belajar dan bekerja keras. Sangat keras.

yb2-5be8369bc112fe7b7c4e7305.jpg

Awak tak hendak membahas secara rinci bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube bersebab ilmu ini luar biasa rumit. Paling tidak  kami telah menyaksikan kesaksian  YB  bahwa hidup didunia maya sebagai satu satunya pekerjaan setelah berhasil menjadikan diri berkarakter  personel branding.

Ya itulah personal branding.  Brand YB bukan sekedar karena menerima penghargaan The Best Opinion kompasianer 2017 tetapi justru komitment.  " Walau anda sudah membaca sedemikian banyak berita di media. tidak lengkap rasanya sebelum membaca opini Yon Bayu" Inilah keberanian luar biasa menampilkan brand.  Hasilnya ? anda sendiri bisa menilai dari HL ke HL setiap posting penulis kawakan yang acap mengenakan busana casual span jean kaos  hitam. .

"Jangan remehkan viewer, mereka asset yang setia mengikuti, membaca, menonton karya kita. Tidak peduli apakah dia hatter karena pada dasarnya mereka adalah the real fans. Merekalah yang membesarkan kita"  ungkap YB terkait roh tulisan yang bernama komentar, kliq dan subscribe.   Bapak 2 anak ini memang menarik kalau tidak mau dikategorikan luar biasa.  Pertama dia ikhlas berbagi ilmu, kedua dia berniat berbagi rezeki memberi hadiah (uang 1 juta) kepada peserta workshop. Hadiah diberikan kepada para peserta yang  dinilai memenuhi syarat jurnalistik versi YB   

yb3-5be836b6aeebe170fa578217.jpg

Nazwa Shihab dan Deddy Corbuzier,  2 dari sekian banyak public figur yang telah menikmati duit dari manajemen youtube. Jumlahnya ratusan juta sodara. Kelebihan YB,  dia punya target antara lain berniat melampui penghasilan Nazwa Shihab pada tahun 2021.   Ya setiap melakoni  pekerjaan harus punya target, itulah yang membuat diri kita tetap semangat.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline