Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

[Pilkada Jakarta] Menguak Misteri Initial AS

Diperbarui: 28 September 2016   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.hmetro.com.my

Kebetulan

Entah secara kebetulan atau memang sudah demikianlah takdir 3 Calon Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta periode 2017-2022 memiliki initial AS. Inilah untuk pertama kalinya nama calon itu serupa bila dibandingkan dengan periode pilkada yang lalu. Terkait dengan kesamaan itu Super Admin Kompasiana Isjet di sosial media sudah berani mengungkapkan bahwa nanti yang akan menjadi gubernur definitif atau yang terpilih adalah gubernur dengan initial AS. Iya iyalah Boss siapa lagi. Inikah misteri yang dimaknai dengan definisi oleh wikipedia sebagai sesuatu  yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Misteri biasanya dikaitkan dengan kejadian-kejadian supranatural.

Tiga pasangan cagub DKI resmi mendaftar ke KPU. Calon incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditantang oleh dua kandidat cagub yakni Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono.   Pilgub DKI 2017 memang diprediksi oleh sejumlah pihak bakal panas lantaran ada tiga kutub koalisi yang bertarung. Yakni Ahok-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDIP, Golkar, NasDem dan Hanura, Anies-Sandiaga Uno yang diusung Gerindra-PKS, dan Agus -Sylviana Murni yang diusung PD, PAN, PPP, dan PKB. 

So pasti, kalau tidak aral melintang dalam artian tidak ada halangan tetap yang akan menduduki jabatan nomor satu di Jakarta diantara 3 pasangan calon itu. Bisa jadi Anies Sandiaga, Agus Sylviana atau Ahok (BTP) Syaiful. Bersebab kendala halangan tidak tetap itu bisa jadi cagub di gugurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) apabila tidak memenuhi persayaratan adminstrasi dan persyaratan lainnya seperti kesehatan dan lain lain. Hambatan lain yang bisa menggagalkan tentu terkait halangan tetap sesuai kehendak takdir Tuhan Yang Maha Kuasa.

Initial AS di prediksi akan  trending topic alias  sangat populerdi masa kampanye. Singkatan ini tidak bisa di klaim  oleh salah satu calon saja karena akan mengaburkan calon yang lain. Itulah sebabnya nanti akan bergulir inspirasi baru dari masing masing calon, Jargon singkatan apa yang unik untuk dipakai agar tidak serupa dengan saingan. Tim kreatif dan tim sukses tentu sedang menggodok visi misi yang nanti akan di simpulkan berupa logo spesial guna dipakai pada masa kampanye.

Pilihan AS

Huruf pertama A untuk nama orang di negeri ini menjadi pilihan utama. Lihat saja cucu saya anak dari Pasangan Adithya Husada dan Astried Minang Nathalia 3 putranya di beri nama dengan huruf awal A. Azka Zaidan Athallah, Abidzar Zafran Nusantara dan Alzam Al Karami itulah nama dengan nuansa Islam yang diberikan kepada putra tersayang. Alasan logis memberi nama awalan A bisa jadi supaya  di daftar absen sekolah nama anak akan berada di urutan pertama sesuai abjad. 

kpuu-57ea69d9f29273791915eab5.png

Inilah strategi memberikan peluang kepada putra putri sewaktu duduk di bangku sekolah. Biasanya Bapak/Ibu Guru selalu memanggil anak di urutan pertama absen karena memang demikianlah daftar absen itu disusun. Jadi anak anak dengan huruf selain A akan mendapat giliran kedua atu kesekian di panggil guru. Bayangkan bagaimana pula dengan anam anak berawal Z, bisa jadi dia terlupakan. Model ini hanya salah satu strategi saja dilain strategi lain kenapa memberi nama anak dengan awal huruf A.

Selain itu memang sangat mudah menyebut atau memanggil nama seseorang dengan  awal A. Mulut pasti terbuka. Coba saja praktekkan ketika memanggil nama Agus, Anies apalagi Ahok. Disamping sangat mudah sekali mengingat initial AS dibanding dengan initial lain.  Mudah diingat seperti AS muni, As pal As salamulaikum dan lain lain selalu di mulai dengan huruf AS.  As al juga bisa di konotasikan positf kalau dilanjutkan dengan asal betawi. Dari sisi negatif As al dimaknai dengan kerja tidak serius.

Ituah misteri huruf A. Nah anak anak yang lahir di bulan Agustus bisa dipastikan di beri nama Agus. Coba saja cek tanggal dan bulan lahir warga negara yang bernama Agus hampir 99 % kelahiran bulan Agustus. Ada pula orag tua memberi nama anak pertama dengan hurus A, misalnya anak anak saya Adithya Husada. Atau anak perempuan tuan dan nyonya di beri nama Asnawati.  

Lucunya lagi saudara kita dari etnis china selalu memanggil nama anak laki dan perempuan dengan awalan huruf A. Basuki Tjahaya Purnama yang nama aslinya Zhōng Wànxué di panggil dengan sebutan Ahok. Biasanya etnis cina memberi nama anak anak dengan 3 suku kata. Suku pertama di sebut dengan She yang dimaknai sebagai suku atau marga. Jadi  suku pertama nama anak anak dari satu keluarga selalu serupa,  misalnya The Lok Sang, The siang Kek, atau The Tjong kai. Makanya kita sering dengar panggilan nama saudara kita itu dengan sebutan, Aseng, Aciang, Aguan, Along dan lain sebagainya. Inilah tradisi kebudayaan yang sangat dihormati sebagai pemuliaan atas peninggalan leluhur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline