[caption id="attachment_354588" align="aligncenter" width="780" caption="kompas.com"][/caption]
Berita
Diduga bus mengalami korsleting pada bagian mesin sehingga terbakar," ujar Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Hindarsono saat dihubungi Minggu (8/3/2015). Bus.Transjakarta.Terbakar.di.Pancoran.Diduga.akibat.Korslet
Opini
Sebagai warga Jakarta harapan saya sederhana saja. Harapan warga yang sudah menetap di Ibukota selama 35 tahun adalah semoga Pak Gubernur DKI Jakarta fokus mengurus Bus Trans Jakarta . Tentu saja harapan itu berangkat dari rasa nestapa kenapa masih saja terjadi malpraktek Bus terbakar.
Masih terjadi kebakaran Bus Way menunjukkan bahwa pemeliharaan dan perawatan alat transportasi umum itui belum optimal. Tidak ada lagi alasan teknis yang bisa jadikan kambing hitam. Kecuali memang bus itu di bakar, lain soal. Peristiwa mengerikan penumpang yang berada di dalam bus terbakar sungguh merupakan pengelaman buruk yang sulit dilupakan. Bisa jadi warga tersebut menjadi kapok menggunakan Trans Jakarta karena trauma.
Pak Ahok harus melakukan audit menyeluruh manajemen Trans Jakarta mulai dari ketersediaan bus yang cukup memadai sampai kepada perawatan atau pemeliharaan bus yang laik pakai. Mungkin perlu ditunjuk seorang manajer yang berpengalaman dan tegas mengurus alat tranportase publik ini. Warga mendambakan alat transportasi ini benar benar nyaman di naiki, aman, tepat waktu serta mampu menerobos kemacetan Jakarta.
Cobalah belajar dari manajemen taxi ternama. Statistik kerusakan kendaraan mereka seperti mogok apalagi sampai terbakar sangat kecil sekali bahkan nyaris nol. Letak dari keberhasilan itu terdapat pada seksi pemeliharaan taxi yang sangat disiplin. Setiap mobil pulang masuk ke pool, kendaraan yang sudah beroprasi lebih dari 12 jam itu di periksa dengan teliti oleh montir bengkel khusus.
Apabila terdapat kerusakan langsung diganti. Stock spare part dijamin tersedia sehingga perbaikan kendaraan tidak menggunakan pola makan sesama sprae part mobil ( kanibal). Kita berharap jangan sampai sejarah Bus PPD terulang terjadi pada Bus Trans Jakarta akibat salah urus.
Warga berharap teriring doa semoga musibah kebakaran alat transportasi idaman warga tersebut pada tanggal 8 maret 2015 adalah yang terakhir kali. Pak Ahok orang pandai manajemen, pengelolaan Trans Jakarta merupakan tantangan . Gunakan energi amarah Pak Ahok untuk mengurus Bus Way secara total.
Nah inilah tantangan terberat yang harus diselesaikan Pak Ahok dari pada menghadapi DPRD. Kerja saja terus Pak, tunjukkan bahwa anda menang seorang pekerja hebat. Hasil kerja itu akan terlihat jelas dalam beberpa bulan kedepan dengan tidak ada lagi Bus Way terbakar. Itulah indikator keberhasilan nyata seorang Gubernur disamping menyelesaikan masalah banjir dan macet.
Salam salaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H