Lihat ke Halaman Asli

Thamrin Dahlan

TERVERIFIKASI

Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Apresiasi untuk Proyek Buku Catatan Warga atas 10 Tahun Kepemimpinan Presiden SBY

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14080639421051347800

[caption id="attachment_319304" align="aligncenter" width="465" caption="Sumber : Dokumen Admin Kompasiana"][/caption]

Ide Kreatif

Dalam kapasitas sebagai warga negara berhak kah kita memberi penilaian atas kinerja Presiden Republik Indonesia? Pertanyaan kedua timbul, kemudian untuk apa penilaian itu dilakukan toh pekerjaan SBY sudah akan selesai pada 20 0ktober 2014. Pertanyaan lanjutan,standar penilaian kualitatif seperti apayang digunakan untuk menilai kinerja secara keseluruhan Kabinet Indonesia Bersatu jilid satu dan jilid dua.

Jawaban untuk ke – 3 pertanyaan itu terpulang kepada kita masing masing.Paling tidak ide inspiratif kreatif menggagas atau mengoleksi beragam opini publik terkait kinerja 10 tahun pemerintahan SBY dari pihak Admin Kompasiana dan Group Penerbit Gramedia layak di apresiasi. Proyek-buku-catatan-warga-atas-10-tahun-kepemimpinan-presiden-sby Tentu saja buku ini secara tidak langsung akan menjawab ke – 3 pertanyaan tersebut dari sudut pandang yang sangat heterogen sesuai dengan latar belakang penulis. Opini liar dari berbagai sudut pandangpenulis tersebut rencananya akan di bukukan, sebagai dokumen abadi dengan2 sasaran yang akan di capai.

Sasaran pertama keberadaan buku tersebut diharapkan bisa dijadikan referensi oleh sang penerus Presiden RI ke 7 yaitu tentang kesuksesan SBY mengendalikan pemerintahan.Termasuk pula keluh kesah publik terhadap kelambanan bertindak SBY yang mungkin tidak perlu di ulangi lagi oleh sang penerus.Sasaran kedua, buku keroyokan ini diharapkan dapat di fungsikan sebagai bukti otentik pendapat publik yang bisa jadi isinya jauh berbeda dengan hasil analisa dan evaluasiapakah itu datang dari DPR, atau dari Pihak SBY sendiri.

Sumber Rujukan

Menilai secara keseluruhan kinerja pemerintah bisa dipilah dan dipilih berdasarkan kaedah yang ditetapkan Lemhanas berupa struktur Ipoleksosbudhankam.Secara rinci penilaian itu bisa dibagi dalam Bidang Ekonomi dan ketenagakerjaan, Bidang Sosial dan budaya (termasuk kerukunan antar-ummat beragama), Bidang Pendidikan dan Peningkatan Kualitas Keluarga, Bidang Demokrasi dan Penegakan Supremasi Hukumserta Bidang Keamanan, Pertahanan dan Kedaulatan Negara.

Tentu saja penilaian kinerja bisa fokus kepada salah satu bidang saja, namun tidak bisa dipungkiri pembahasan masalah akan menyerempet ke bidang bidang terkait lain.Hal tersebut bisa terjadi karena sifat pemerintahan dalam melaksanakan pelayanan publik mempunyai objek yang sama yaitu rakyat, sehingga keterkaitan semua permasalahan akan menyentuh aspek ipoleksosbudhankam tersebut.

Rujukan yang digunakandalam menyusun penilaian kinerja tentu saja sangat subjektif tergantung kepada latar belakang warga yang mempunyai pengalaman berkehidupan selama 10 tahun terakhir bersama kendali Pemerintahan SBY.Referensi dalam bentuk subjektif dari sisi SBY tentu saja  kita bisa  membuka kembali lembaran demi lembaran  isi buku Beliau berjudul Selalu Ada Pilihan.Seyogyanya buku setebal 824 halaman merupakan Pertanggung Jawaban Akademik SBYatas pemerintahan nya selama 2 Periode.Bisa jadi jawaban atas pertanyaan atau kegalauan warga selama di pimpin oleh Presiden SBY telah termuat didalam buku.Dengan demikian penulis bisa membandingkan dengan opini objektif sesuai dengan hajad kehidupan yang dilakoninya sebagai warga negara.

Prediksi Best Seller

Sebelumnya Admin Kompasiana bekerja sama dengan Gramedia telah berhasil menerbitkan kumpulan  tulisan kompasianer dalam 2 buku .  Buku  tersebut laris manis di pasaran, sejalan dengan populeritas publik figur Jokowi dan Ahok. Mengikuti kesuksesan 2 buku tersebut maka bolehlah kita  Prediksi untuk buku SBY, Insya Allah Best Seller.  Tulisan kompasianer berbeda dengan tulisan wartawan koran sehingga sangat menarik untuk di baca disamping penerbitan buku ini sangat tepat dengan momentum akhir jabatan SBY.

Nampaknya sobat Kompasianer antusias menyumbangkan tulisan seperti yang terlihat pada tanggapan yang disampaikan pada posting Admin terkait Proyek Buku ini. Apabila buku ini berhasil di launching dan Bapak SBY berkenan hadir pada saat itu maka patut kita acungkan jempol dua kepada penggagas Proyek Buku.

Dari sisi Pak SBY, sudah pasti beliau akan tergelak minimal tersenyum karena akan mendapatkan informasi "baru" tak terduga dari para penulis kompasiana. Paling tidak Buku ini akan  menjadi Kado terindah bagi Pak SBY di hari Ulang Tahun 9 September 2014.

Lets go friends, sumbangkan pengalaman anda bersama SBY, siapa tahu bisa lolos seleksi Admin

Salam Salaman

Penasehat,Penakawan Penasaran

BHP, 15 Agustus 2014

TD




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline