Lihat ke Halaman Asli

Thalita Azazi

mahasiswa

Tips dan Strategi yang Efektif untuk Kamu Belajar di Rumah!

Diperbarui: 21 Juli 2024   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

issuu.com

Dalam era digital saat ini, belajar di rumah menjadi semakin umum. Baik itu untuk keperluan sekolah, kuliah, atau kursus online. Namun, bagi beberapa orang memiliki kesulitan untuk melakukan belajar yang efektif di rumah. Selain faktor malas gadget atau handphone yang biasa kita gunakan setiap hari nya menjadi salah satu hambatan untuk belajar efektif di rumah. Dengan muncul nya notifikasi dari handphone kita dapat sekali mudah terdistraksi dari belajar. Berikut ini beberapa tips dan strategi supaya kamu bisa belajar efektif di rumah.

1. Minimalkan Gangguan

Matikan Notifikasi.

Notifikasi dari handphone atau komputer bisa sangat menggangu kamu. Kamu jadi lebih mudah sekali terdistraksi untuk mengecek notifikasi apa yang muncul. Dengan mematikan notifikasi saat belajar bisa membantu kamu untuk lebih fokus.

2. Ciptakan Ruang Belajar yang Nyaman

Pilih Satu Ruang untuk Belajar.

Dengan memilih satu area di rumah yang akan menjadi tempat yang nyaman untuk belajar kamu dapat lebih mudah untuk memahami apa yang sedang dipelajari. Tetapi, kamu harus pastikan are tersebut bebas dari gangguan, seperti televisi, permainan, atau bising yang hingga membuat kamu tidak nyaman.

3. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Tentukan Tujuan Harian dan Mingguan.

Buat daftar tujuan harian dan mingguan yang ingin kamu capai. Hal ini bisa berupa menyelesaikan bab tertentu, menyelesaikan tugas, atau memahami konsep tertentu. Tujuan yang jelas akan memberikan arah dan motivasi kamu untuk lebih efektif belajar di rumah.

4. Gunakan Sumber Daya Online

Manfaatkan Platform Pembelajaran Online.

Banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu untuk memperdalam pelajaran yang sedang kamu pelajari. Saat ini banyak platform pembelajaran online yang menwarkan kursus dalam berbebagai bidang.

5. Berikan Reward pada Diri Sendiri

Tetapkan Reward untuk Diri Sendiri.

Kamu bisa memberikan reward pada diri sendiri setelah mencapai tujuan belajar yang sudah kamu selesaikan. Reward tersebut dapat berupa hal yang sederhana seperti cemilan favorit yang sedang kamu inginkan, waktu istirahat tambahan atau menonton episode serial favorit kamu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline