Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Ekonomi Terhadap Perdagangan Internasional

Diperbarui: 6 Desember 2021   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ekonomi pada setiap negara-negara pasti berbeda, karena disebabkan kondisi ekonomi dalam perkembangannya tidak stabil, terkadang mengalami kenaikan dan terkadang juga mengalami penurunan sehingga berpengaruh kepada ekonomi secara keseluruhan.

Pertumbuhan ekonomi yaitu peningkatan dalam kemampuan dari suatu perekonomian dalam memproduksi barang dan jasa. Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi menunjuk pada perubahan yang bersifat kuantitatif.

Negara terus memandang pertumbuhan ekonomi sebagai sasaran utama, karena pertumbuhan ekonomi adalah faktor paling penting untuk keberhasilan negara. Karena itu, sangat penting kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi.

Ekonomi yang berbeda pada setiap negara dipengaruhi oleh empat faktor pertumbuhan ekonomi, yaitu sumber daya manusia, teknologi yang berbeda pada setiap negara, sumber daya alam, dan pembentukan modal.

Pemerintah harus mengembangkan suatu spesialisasi dalam negaranya untuk perdagangan yang luas atau bisa dibilang perdagangan internasional bekerja sama dengan individu dan perusahaan pada negara masing-masing.

Perdagangan internasional melibatkan impor dan ekspor. Dalam perdagangan internasional melakukan spesialisasi dapat meningkatkan produktivitas dan standar kehidupan. Tidak mungkin suatu negara hanya melakukan impor atau hanya melakukan ekspor, karena negara membiayai impor dari hasil ekspor tersebut.

Indonesia juga melakukan perdagangan internasional, yaitu impor dan ekspor. Dan bukan hanya di negara-negara Asia saja, tetapi Indonesia juga melakukan impor dan ekspor pada negara di Amerika, Eropa, Australia, dan Afrika.

Pemerintahan Indonesia juga terus mengembangkan produk Indonesia agar dapat diekspor ke luar negara. Indonesia juga membuat kebijakan-kebijakan dalam impor dan ekspor, ada kebijakan promosi ekspor dan kebijakan proteksi atau impor.

Ekonomi Indonesia pun termasuk stabil walaupun saat pandemi Covid-19 melanda, sehingga harga impor dan ekspor tetap atabil. Ini juga meningkatkan negara-negara lain melakukan impor dan ekspor dengan Indonesia.

Perdagangan internasional akan membuat kebutuhan terpenuhi dan membuat pendapatan menjadi meningkat, sehingga dengan adanya peningkatan pendapatan negara akan meningkatkan kemakmuran suatu negara yang bersangkutan.

Perdagangan internasional juga membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru untuk memenuhi permintaan produk pada berbagai negara. Tetapi perdagangan internasional juga berdampak positif dan berdampak negatif terhadap perekonomian suatu negara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline