Latar Belakang
Penelitian dilaksanakan di Kelompok A TKS Q Babul Jadid dalam tiga siklus. Tiap siklus sekali pertemuan dengan waktu 150 menit. Penelitian dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran, yaitu : media berbasis teknologi dan manual media (Hasil kreatifitas guru).
Data penelitian diambil menggunakan teknik tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar hasil belajar dan lembar observasi. Lembar hasil belajar digunakan untuk mencatat data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sebelum siklus dan sesudah siklus. Lembar observasi digunakan untuk mencatat data kualitatif berupa pengamatan tentang partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum siklus dan sesudah siklus.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik. Data kuantitatif dari lembar hasil belajar diolah menggunakan analisis persentase. Data kualitatif dari lembar observasi, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan data
kualitatif kemudian dikaitkan sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan berbagai media pembelajaran, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar materi rukun islam dan perubahan partisipasi (tingkah laku siswa di kelas) yang menyertainya.
Lingkup Penelitian
Lingkup penelitian dilaksanakan di TKS Q Babul Jadid kelas A dengan jumlah 12 Siswa
Signifikansi Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti dapat menjabarkan bagaimana solusi untuk mengatasi hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Umum di TKS Q Babul Jadid yang tergolong masih rendah. Hasil penelitian yang peneliti laksanakan dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan dalam proses KBM kedepannya.
Manfaat Hasil Penelitian
a. Untuk Siswa