Lihat ke Halaman Asli

PTK Penggunaan Media Pembelajaran Berbasi Teknologi dan Manual Media Kelompok A pada TKS Q Babul Jadid

Diperbarui: 5 Desember 2023   09:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Latar Belakang

Penelitian   dilaksanakan  di   Kelompok   A   TKS Q Babul Jadid dalam  tiga  siklus.  Tiap siklus sekali pertemuan dengan waktu 150 menit. Penelitian dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran, yaitu : media berbasis teknologi dan manual media (Hasil kreatifitas guru).

Data  penelitian diambil menggunakan teknik tes,  dokumentasi dan  wawancara. Instrumen penelitian  menggunakan  lembar   hasil   belajar  dan   lembar  observasi.   Lembar   hasil   belajar digunakan untuk mencatat data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sebelum siklus dan sesudah siklus.  Lembar  observasi  digunakan untuk  mencatat  data  kualitatif berupa  pengamatan tentang partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum siklus dan sesudah siklus.

Analisis  data  menggunakan  teknik  deskriptif  analitik.  Data  kuantitatif  dari  lembar  hasil belajar diolah menggunakan analisis persentase. Data kualitatif dari lembar observasi, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan data

kualitatif  kemudian  dikaitkan  sebagai  dasar   untuk  mendeskripsikan  keberhasilan  penerapan berbagai media pembelajaran, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar materi rukun islam dan perubahan partisipasi (tingkah laku siswa di kelas) yang menyertainya.

Lingkup Penelitian

Lingkup penelitian dilaksanakan di TKS Q Babul Jadid kelas A dengan jumlah 12 Siswa

Signifikansi Penelitian

Dalam penelitian ini peneliti dapat menjabarkan bagaimana solusi untuk mengatasi hasil dan minat  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  Umum  di  TKS Q Babul Jadid  yang tergolong masih  rendah.  Hasil  penelitian  yang  peneliti  laksanakan  dapat  menjadi  bahan evaluasi dan pertimbangan dalam proses KBM kedepannya.

Manfaat Hasil Penelitian

a.   Untuk Siswa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline