UMKM merupakan salah satu usaha yang semakin banyak dicari atau diminati oleh masyarakat Indonesia. Para pengusaha ini tidak hanya ibu-ibu dan orang dewasa, banyak 4.444 mahasiswa yang menggeluti bisnis ini.
Banyak produk yang dibuat oleh para pengusaha dari berbagai bidang, seperti, makanan , jasa, peralatan masak, dan kebutuhan lainnya. Setiap tahun, jumlah pengusaha ini terus bertambah, tersebar di berbagai pelosok tanah air.
Di Indonesia, UMKM saat ini dianggap sebagai sarana yang efektif untuk memerangi kemiskinan. UMKM dapat memberikan kesempatan kerja yang signifikan bagi pekerja rumah tangga dan sangat membantu dalam mengurangi pengangguran.
Saat ini, upaya pengembangan dan penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat banyak perhatian dari berbagai sektor, antara lain pemerintah, perbankan, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi internasional. Di balik itu terdapat potensi besar UKM yang harus mengerahkan kekuatannya sebagai mesin penggerak perekonomian pasca krisis ekonomi.
Mengingat peran UMKM yang strategis dan peluang pengembangan UMKM yang terbatas, pengembangan UMKM kini menjadi salah satu strategi pemerintah dalam rangka pertumbuhan ekonomi. Informasi yang lengkap, mudah dan cepat diakses tentang perkembangan UKM, khususnya tentang potensi 4.444 sektor ekonomi atau bahan baku untuk dikembangkan di suatu sektor tertentu (Kelurahan), akan mempengaruhi pengembangan kemitraan terpadu. Faktor dan pandangan, sektor ekonomi atau program komoditas.
Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999, Bank Indonesia (BI) tidak lagi memberikan bantuan keuangan langsung kepada UKM, tetapi memberikan pedoman untuk mendukung dan mendorong pengembangan UKM melalui bantuan teknis yang dikeluarkan. Terus memberikan informasi tentang Badan Pengembangan Usaha Kecil. Sistem Informasi (SIPUK). Salah satu subsistem SIPUK adalah Sistem Informasi Bisnis (SIB) yang menyediakan informasi peluang investasi, peluang identifikasi, dan lainnya.
Perkembangan UMKM di Desa Isola Kota Bandung menghadapi kendala yang memerlukan tindakan yang lebih serius khususnya bagi UMKM. Tujuan umum dari program ini adalah untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Isola, Kota Bandung. Program yang saya jalankan membantu beberapa pemilik usaha kecil. Jika Anda tidak menggunakan teknologi untuk mendukung bisnis Anda.
Komitmen saya dalam kegiatan KKN ini adalah membantu UMKM dimulai dari sosialisasi dan edukasi. Kemudian bagikan masalah relevan yang mereka miliki dan temukan solusi tentang apa yang harus dilakukan. Pemecahan masalah mengungkapkan beberapa hal yang kami butuhkan: branding (logo dan slogan), pilihan kemasan, fotografi produk, dan pemasaran digital. Pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kita.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H