Lihat ke Halaman Asli

Cika Tesazabalia

Panggil saja cika

Sebagai Seorang Sarjana Pendidikan

Diperbarui: 5 Januari 2021   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Aku adalah seorang fresh graduate lulusan sarjana pendidikan. Akhir tahun 2020 kemarin aku benar-benar dikejutkan dengan berita bahwa Tahun 2021 tidak ada formasi CPNS yang dibuka untuk guru. Benar-benar sedih dan miris mendengarnya. Selalu ada pertanyaan mengapa harus ditiadakan?

Sebagai seorang sarjana pendidikan, calon pendidik masa depan hal tersebut sangat meresahkan. Tidak hanya itu saja, media juga lagi-lagi memberitakan bahwa Formasi Guru di CPNS 2021 akan diganti dengan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak Kerja).

Nafas ini sudah mula lega mendegar adanya P3K, akan tetapi setelah melihat persyaratan rasanya semakin kacau, karna yang hanya boleh mengikuti P3K adalah guru yang sudah memiliki dapodik dan juga serdik, lantas bagaimana nasib sarjana pendidikan? Seorang Fresh Graduate? 

Tidak pernah ada habisnya jika membahas tentang kesejahteraan Guru Honerer. Aku sangat senang, aku sangat menyukai dengan adanya berita P3K karena pada akhirnya para guru yang sudah mengabdi mendapat perhatian dari negara.

Aku juga sangat berharap semua guru yang sudah mengabdi dapat dijamin kehidupannya, karena tidak sedikit guru yang harus berjuang untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Sedangkan Gaji tidak sebanding dengan pengorbanan dan jasa-jasa para guru yang sudah diberikan. Bagaimana mungkin mendidik generasi masa depan dengan kehidupan yang serba kurang?

P3K tentu memberi kabar gembira bagi guru-guru yang sudah mengabdi lama dan mempunyai dapodik serta serdik. Tapi membawa kabar yang justru seolah-olah tidak ada harapan bagi para fresh graduate.

Aku dan teman-temanku lulusan Sarjana Pendidikan harus menunggu untuk mendapat dapodik terlebih dahulu baru bisa mendaftar P3K? Berapa lama?

Padahal kami juga mempunyai mimpi dan persiapan untuk masa depan. Jika terus seperti ini, bagaimana mungkin generasi sekarang ingin menjadi seorang pendidik jika kesejahteraannya saja masih selalu dipertanyakan?

Selalu ada pertanyaan dibalik berita Formasi Guru di CPNS 2021 dihapus. Surprise akhir tahun yang cukup mengejutkan, cukup menguras emosi bagi banyak orang terutama sarjana pendidikan. Memang menjadi ASN adalah pilihan, tetapi kami juga mempunyai hak yang harus kami pinta. Kesejahteraan, nasib kami di masa depan, selalu menjadi pertanyaan yang sering hadir dalam pikiran.

Biaya kuliah pendidikan tidak murah, untuk menjadi seorang sarjana pendidikan pun butuh pengorbanan dan kerja keras yang tidak mudah. Guru selalu menjadi profesi yang dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Gaji yang kecil, kesejahteraan yang masih dipertanyakan menjadi sebuah misteri yang sampai hari ini masih belum dapat diselesaikan.

Aku berharap semoga dengan adanya P3K nasib guru honorer dapat segera ditangani, sehingga tidak ada lagi para guru yang kehidupannya masih kurang, yang kehidupannya belum terjamin. Semoga!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline