Pembelajaran Bahasa Prancis Yang Menyenangkan
Aris Kristiawan, S.Pd., M.Pd.
Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa asing dan merupakan bahasa internasional yang kedua setelah bahasa Inggris. Dengan era modern, globalisasi, multimedia, dan internet tekhnologi diharapkan mampu memberikan pembaharuan di bidang pendidikan. Di lingkungan SMA/SMK bahasa Prancis sudah mulai diberikan, dan mendapatkan angin segar dan antusias serta diterima oleh peserta didik dan guru-guru mata pelajaran lainnya.
Bahasa Prancis sudah mulai membumi sekarang ini dan bagaimana kita sebagai guru bahasa Prancis mengambil peran penting untuk memajukan dan menampilkan metode dan media pembelajaran yang baik dan menyenangkan di kelas. Dengan model pembelajaran yang baru dan kekinian, Bahasa Prancis mampu menjadi primadona bagi para peserta didik di setiap lingkungan sekolah.
Model pembelajaran yang lama menggunakan ceramah yang hanya mendengarkan guru atau center of teacher yang berarti pembelajaran berpusat pada guru saja, mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton. Pembelajaran monoton memiliki dampak yang tidak baik untuk perkembangan belajar peserta didik, karena jika peserta didik sudah merasa bosan atau tidak tertarik lagi dengan pembelajaran, maka peserta didik akan semakin malas dengan pembelajaran. Ketika rasa bosan dan malas itu sudah mempengaruhi proses belajar mengajar, maka ada beberapa hal yang akan dilakukan peserta didik, misalnya ngobrol dengan teman sebangku via memo, seolah-olah peserta didik tersebut sedang mecatat hal penting yang disampaikan pendidik. kenyataannya mereka sedang asik berbincang tentang hal yang lebih menarik bisa musik, film, gosip, bahkan tak jarang membicarakan pendidik yang sedang mengajar.
Dengan model pembelajaran baru yang kekinian dan menyenangkan dalam hal ini pembelajaran Bahasa Prancis, diharapkan menjadi acuan terhadap para guru mata pelajaran lainnya.