Lihat ke Halaman Asli

Tera Asysyifaa

Freelancer

Kegunaan Kertas Foil dalam Berbagai Bidang

Diperbarui: 31 Agustus 2024   02:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Kertas foil atau yang sering kita sebut Alumunium Foil merupakan sebuah partikel logam yang dikemas sedemikian rupa. Bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dalam berbagai hal termasuk dalam bidang sablon kaos.

Meski begitu hampir dari kita sering menemukan kertas foil dalam mempermudah kehidupan kita, entah kita memahami ataupun tidak. kemudahan inilah yang terkadang membuat kita membutuhkan kertas foil dalam kehidupan kita.

Mulai dari bidang F&B, bidang kesehatan hingga bidang fashion dapat dipermudah dengan adanya kertas foil. Lantas, apa saja kiranya bidang yang dapat dipermudah oleh kertas foil?mari kita mengingat melalui ulasan dibawah ini :

Kegunaan Foil Dalam Berbagai Bidang

Bidang Makanan

Yang pertama foil atau alumunium foil telah lama dimanfaatkan pada bidang makanan. Mungkin kita pernah memesan makanan yang dibungkus dengan foil seperti steak atau daging panggang. Tanpa kita sadari bahwa makanan tersebut dibungkus menggunakan alumunium foil.

Mengapa harus menggunakan foil? Pertama foil memiliki sifat anti panas yang dimana akan tahan saat mengalami proses pembakaran atau pemanggangan. Selain itu bagaimana pun logam berbentuk kertas tersebut memiliki sifat konduktor atau mengalirkan panas.

Dengan kata lain, makanan yang dibungkus dengan memanfaatkan foil akan terjaga kehangatanya. Tak ayal hal tersebut sering dimanfaatkan oleh banyak pihak yang bergerak dalam bidang f&b. Untuk sekedar membungkus makanan ataupun menjaga kualitas makanan.

Bidang Medis dan Obat

Banyak dari kita mungkin tidak menyadari hal tersebut. Namun bila kita cermati secara seksama hampir setiap obat-obatan memiliki kemasan yang berasal dari alumunium foil. Baik itu tablet ataupun kapsul.

freepik.com

Mengapa demikian? Karena kertas foil memiliki sifat anti bakteri yang menjadikan obat masih dalam kondisi terbaiknya meski dibungkus dalam waktu yang lama. Sifat alami dari sebuah foil memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan jamur dalam jangak waktu yang lama.

Selain obat -obatan, foil juga dimanfaatkan untuk berbagai suplemen seperti serbuk vitamin ataupun ramuan pelangsing. Hal tersebut membuktikan bahwa foil sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan terutama dalam hal obat-obatan.

Bidang Fashion

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline