Lihat ke Halaman Asli

Teopilus Tarigan

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

"What's Up?" Transformasi Homo Sapiens Menjadi Homo Sensorium dalam Lagu

Diperbarui: 31 Maret 2021   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster lagu "What's Up" oleh 4 Non Blondes | Sumber: Official Band 4 Non Blondes via Interscope Label 

Ternyata saya tidak sendiri. Teriakan "Hey-ey-ey" dalam lagu ini ternyata telah populer di dunia maya dalam bentuk meme sebuah kover kolaboratif bersama He-Man. He-Man adalah film kartun anak yang populer dan menghiasi layar kaca televisi nasional pada tahun 1990-an.

Versi kover meme itu diberi judul "HEYYEYAAEYAAAEYAEYAA" dan tercatat di-posting pada 8 November 2010. Hingga tulisan ini dibuat telah ditonton sebanyak 181.402.999 kali, disukai 3,1 juta orang, dan yang tidak suka sebanyak 89 ribu orang.

Dalam video itu tercatat sebuah dialog antara Adam dan Duncan, karakter film kartun He-Man, sebagai berikut:

Adam: Hey STUD!
Adam: LOL
Duncan: hey
Adam: What's going on??
Adam: ;)
Duncan: Not much. Brb.

"What's up?" adalah bentuk ragam bahasa tak baku yang biasa digunakan oleh para remaja. Bentuk lengkapnya adalah "what is going on?" Ada apa? Apa yang sedang terjadi?

Ragam bahasa tak baku juga biasa digunakan pada dunia LGBT. Biasanya itu adalah semacam bahasa sandi yang hanya dimengerti di antara sesama mereka.

Barangkali keberadaan bahasa sandi itu ada kaitannya dengan orientasi gender mereka yang kontroversial di tengah masyarakat, bahkan dihujat sebagai sesuatu yang tidak normal. Perbedaan itu membuat keberadaan mereka seringkali menjadi sulit diterima di tengah masyarakat.

Sesuatu yang dipandang tidak normal bukan berarti tidak eksis.

Berkaca dari percakapan singkat antara Adam dan Duncan di atas, misalnya. Tanpa tendensi apa-apa soal normal atau tidaknya Adam dan Duncan menurut siapa, kita menemukan sebuah singkatan, BRB. Itu adalah sebuah singkatan sebagai penutup percakapan, yang merupakan bentuk ragam bahasa tak baku (slang).

BRB adalah singkatakan dari "Be Right Back." Dikutip dari urbandictionary.com, ungkapan ini biasa dimaksudkan oleh orang-orang kepada teman mereka melalui pesan teks atau layanan sosial berbasis internet, bahwa mereka sudah pergi ke suatu tempat untuk jangka waktu yang singkat, mungkin selama satu setengah jam atau lebih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline