Lihat ke Halaman Asli

Dari Kampanye Lingkungan untuk Memajukan Dialog Publik: Komunikasi Lingkungan untuk Keterlibatan Civil

Diperbarui: 9 Mei 2016   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Dalam esai ini, penulis mendebatkan pendekatan rinci oleh ecoAmerica dan Lakoff mengurangi dari upaya tersebut. Kampanye identitas, seperti yang mereka anjurkan, berdasarkan ide bahwa lebih evektif kesan lingkungan, dikembangkan melalui aplikasi ilmu koknitif oleh aahli komunikasi perofesional, dapat menguntungkan pengaruh opini public dan mendukung tindakan legislative untuk memperbaiki masalah. Karena pendekatan komunikasi lingkungan mereka berdasarkan exlusif berbasis ilmu pengetahuan kognitif, retorika dan psikologi, mereka tidak ada dasar kontekstual dalam struktur teoritis yang lebih besar dari peran komunikasi dalam memfasilitasi proses perubahan sosial sekala besar.

Teori defisit ini memeimpin pengembangan kesan strategis iklim yang mendukung tindakan prakmatis jangka pendek yang cocok dalam ekonomi dan politik yang sangat penting, tapi gagal untuk mengatasi pentingnya menjelaskan ekologi yang bermakna oleh pemanasan global. Tambahan, profesionalitas wacana politik diatas pendekatan ini berdasarkan sebenarnya memperkuat hubungan yang menarik dari kekuatan dan kelembagaan dinamis. Factor tersebut memeimpin untuk pelemahaan upaya kapasitas mobilitas dari upaya mengatasi pemanasan global dan meruntuhkan kapasitas penting erubahan sosial.

Demikian, sementara kampanye identitas mungkin menawarkan keuntungan jangka pendek, kebanyakan mereka seperti tidak mampu mengembangkan mobilisasi skala besar yang perlu untuk memberlakukan besar-besaran perubahan sosial dan akademik dalam mengatasi pemanasan global. Esai ini menyimpulkan dengan diskusi supaya komunikasi alternative yang mungkin dapat membantu perkembangan keterlibatan masyarakat dan perubahan demokrasi sosial.

Dinamaika perubahan sosial

Teori sosiologi telah mengidentifikasi instituisi masyarakat civil sebagai situs utama untuk permulaan dari perubahan sosial skala besar. Masyarakatt civil disasari oleh lembaga sukarela yang ada dilur control langsung baik pasar maupun negara. Kemerdekaan membentuk kunci untuk kapasitas masyarkat civil melayani situs untuk generasi dari perubahan sosial. Masyarakat civil ditempatkan ditengah pembaruan dan transformasi dari lembaga sosil. Lembaga masyarakat civil merupakan penghubung kritik komunikatif antara warga negara dan pemerintah pembentukan organissi gerakan sosial memungkinkan individu untuk bergabung bersama anggota lain dari komunitas mereka yang bermakna berpartisipasi dalam pemerintahan mereka. Penghubung ini antara pengalaman individu dan organisasi gerakan sosial “memastikan bahwa baru saja muncul situasi yang bersambung dengan kondisi yang ada”.

Strategi pesan ecoAmerika dan Lakoff

Sementara ada beberpa perbedaan kecil dalam pendekatan, penulis percaya baik Lakoff maupun ecoAmerika menganjurkan bentuk yang sangat mirip dari kampanye lingkungan. ecoAmerika mempromosikan pendekatan, saran berbasis menuju perubahan opini public berdsarkan khususnya perbaandingan kata yang seharusnya “inti progresif” nilai progresif. Tanpa memperhatikan pendekatan penelitian mereka (fokus kelompok atau ilmu konitif) atas dasar teori (pemasaran atau identitas) baik keduanya memiliki inti umum dalam mengambil bentuk dari komunikasi yang bertujuan mengmpengaruhi opini public dalam arah tertentu. Memeriksa strategi pesan yang dikembangkan oleh ecoAmerika dan Lakoff mengangkat sejumlah isu yang sangat bermasalah. Disini, penulis fokus pada empat hal:

1. pertanyaan penghubung antara pelestarian lingkungan hidup dan “inti” nilai progresif

strategi pesan yang dikembangkan oleh Lakoff didasari persatuan yang diharapkan dari inti nilai progresif. Sejak ia mengklaim kelestarian lingkungan hidup merupakan bagian dari inti progresif. Masuk akal untuk mengembangkan kampanmye komunikasi inklusif. Tapi apakah ini benar perkaranya? Pertama, penting untuk mencatat disini ada debat yang panjang dan kontrofersial dalam ilmu komunikasi kognitif mengenai validitas ilmiah dari pendekatan Lakoff. Lakoff mengharpkan kesatuan, progresifisme dan pelestarian liangkungan hidup bukan didemonstrasikan dan kontradiksi oleh beberpa teori dan pendekatan empiris. Memusatkan kampanye komunikasi lingkungan dalam gagasan yang meragukan inti nilai progresif adalah pendekatan yang sangat bermasalah.

2. Modernisasi ekologis dan pemilihan pelestarian lingkungan hidup

Baik ecoAmerika maupun Lakoff mengembangkan dasar pesan strategi mereka dalam menarik keberadaan nilai sistem lazim dalam populasi melalui penggunaan teknik komunikasi masa. ini sangat membatasi strategi pesan mereka. Demikian, baik Lakoff maupun ecoAmerika menganjurkan unruk mengadopsi strategi pengurangan karbondioksida berdasarkan ide dari modernisasi ekologis. Pendekatan modernisasi ekologis berdsarkan ide bahwa “degradasi lingkungan dapat diatasi melalui pandangan kedepan, rencana dan penataan ekonomi, kususnya teknologi baru dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menambah pertumbuhan ekonomi. Sementara secara bersamaan membatasi limbah”. Pendekatan modernisasi ekologis telah mengalami analisis ilmiah yang luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline