Lihat ke Halaman Asli

Teofilus Jom

" Kehadiranku di dunia akan lebih bermakna jika aku Menjadi Berkat bagi orang lain " .

Buku Agregat Kependudukan Kabupaten Manggarai dan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Tahun 2023 Resmi Diluncurkan

Diperbarui: 30 Januari 2023   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Bupati Kabupaten Manggarai saat menerima Buku dari kepala Dinas Dukcapil/dokpri

Senin, 30 Januari 2023 - Buku Profil Perkembangan, Buku Agregat Kependudukan Kabupaten Manggarai dan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital tahun 2023 resmi diluncurkan, Senin (30/1) pagi bertempat di halaman Kantor Bupati Manggarai.

Hal ini ditandai dengan penyerahan Buku Profil Perkembangan Kependudukan Kabupaten Manggarai dan Data Agregat Kependudukan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Yakobus Banggut, S. Sos, ke Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A.

fb-img-1675051792751-63d745974e54942e0c2385f2.jpg

Foto: Bupati Manggarai bersama pegawai Dukcapil Kabupaten Manggarai, NTT/Dokpri

Selanjutnya, setelah apel mingguan senin, Bupati Hery bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Pimpinan Perangkat Daerah, para Kabag, dan Camat Langke Rembong, melakukan pengisian Identitas Kependudukan Digital.

"Bagi Pemerintah Kabupaten Manggarai, data dan informasi ini juga sangat penting untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan selanjutnya melakukan perencanaan atau perumusan kebijakan yang lebih baik serta menyentuh kepentingan seluruh masyarakat," kata Bupati Hery saat membacakan sambutannya.

Wahana publikasi kependudukan ini, lanjutnya, menyajikan data dan informasi kependudukan secara lengkap dan komprehensif sekaligus merupakan data dasar bagi perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan berbagai kegiatan pembangunan baik di sektor pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Target untuk pencapaian nasional kepemilikan identitas digital sebesar 90 %. Oleh karena itu, Bupati Hery mengajak ASN dan seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memanfaatkan aplikasi tersebut.

Di lain pihak, Bupati Hery menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai untuk lebih sadar administrasi kependudukan (adminduk). Masyarakat Manggarai diharapkan secara proaktif melaporkan peristiwa penting seperti kelahiran, kematian, pernikahan, perceraian, dan pindah datang ke Disdukcapil Kabupaten Manggarai.

"Meskipun Dukcapil memiliki sistem yang kian maju tetapi basis pendataan masih berdasarkan pelaporan dari setiap warga itu sendiri," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline