Lihat ke Halaman Asli

Tendra

Penggiat Jurnalisme di Jakarta

Tips Membuat Cheesecake Lebih Lezat

Diperbarui: 25 Oktober 2015   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Buat anda yang suka dengan cita rasa cheese yang gurih, tentu saja tahu bagaimana kelezatan dan kelembutan cita rasa cheese cake. Tidak hanya orang dewasa, cake lembut dengan aroma dan rasa cheese yang enak ini juga disukai oleh anak anak. Selain rasanya yang lezat dan lembut saat berada dimulut, aroma dan rasa cream cheese cake nya juga enak di lidah. Cara membuat cheese cake juga tidak terlalu susah, asal bahan yang anda gunakan komposisinya tepat dan anda mengerti tips untuk membuat resep cheese cake yang benar. Tentu saja, ada beberapa hal yang anda harus perhatikan supaya hasilnya nanti lembut dan sempurna. Berikut beberapa tips dalam membuat cheese cake lebih lezat, disajikan oleh chef SugabitesPatisserie, spesialis patisserie di Surabaya dan Jakarta.


Bahan cheese cake
-    Bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan cheese cake adalah tepung terigu berprotein rendah sebanyak 130 gram.
-    Keju yang berbentuk cream sebanyak 200 gram saja.
-    Telur ayam  5 butir.
-    Gula pasir kualitas bagus 200 gram. Anda jangan menggunakan gula kuning yang jelek, karena aroma tebunya bisa merusak cita rasa dari cheese cake.
-    Mentega tawar kurang lebih 130 gram.
-    Keju parmesan untuk menguatkan aroma dan rasa cheesenya, sebanyak 1 sendok makan.
-    Susu cair 160 ml
-    Garam secukupnya
-    Kertas roti untuk alas loyang dan aluminium foil untuk melapisi bagian luar loyang.

Cara Membuat
Langkah pertama, untuk membuat adonan pertama anda cairkan mentega tawar dengan cara dipanaskan sampai cair. Lalu campur dengan tepung terigu dan aduk sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan telur ayam dan garam kedalam adonan pertama, lalu kocok bahan tersebut sampai setengah mengembang. Setelah itu masukkan gula pasir dan keju permesan, kocok kembali semua bahan sampai mengembang.


Untuk membuat adonan kedua, anda rebus susu cair dan masukkan cream cheese kocok sebentar kedua bahan tersebut. Campur adonan pertama dan adonan kedua, adum sampai semua bahan benar-benar tercampur rata. Setelah itu siapkan loyang yang sudah diberi alas kertas roti pada bagian dalam dan aluminium foil untuk bagian luarnya. Masukkan adonan cheese cake ke dalam loyang dan panggang dalam oven dengab suhu sekitar 155 – 165 celcius selama kurang lebih 40 menit.


Kue yang sudah matang, jangan langsung anda keluarkan dulu dan biarkan agak dingin di dalam oven. Setelah dingin, keluarkan loyang dan anda masukkan sebentar ke dalam kulkas sebelum dilepaskan dari loyang supaya tidak rusak.
Mungkin bagi anda yang belum pernah mencoba membuat cheese cake kelihatan agak susah, tetapi jika sudah mencibo membuatnya pasti cukup mudah. Pakailah loyang yang bongkar pasang, supaya mudah mengeluarkan kue dan untuk mencegah tekstur cheese cake yang lembut menjadi rusak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline