Lihat ke Halaman Asli

Internet dan Profit Usaha

Diperbarui: 4 September 2015   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman teknologi yang sudah maju dengan pesat seperti ini, sudah menjadi hal yang biasa jika sekarang semakin maraknya bisnis yang dilakukan dengan bermodalkan internet. sejumlah Perusahaan baik itu Perusahaan Besar maupun Kecil di Jakarta mulai berbondong-bondong untuk membuat brand dan produknya tertera pada layanan Internet. Bagaimana caranya? mereka memasarkan produknya melalui website yang sebelumnya mereka beli dari beberapa Perusahaan Web Creation Jakarta. Banyak diantara mereka yang sukses meningkatkan profit Perusahaan nya melalui pemasaran via Internet, Namun banyak pula dari mereka yang gagal meningkatkan profit Perusahaan di karenakan mereka tidak terlalu peduli dengan pemasaran via Internet. Padahal jika kita telusuri, hampir semua orang menikmati layanan Internet. Entah itu melalui Smartphone, Tablet Komputer, Laptop atau PC. Justru peluang memasarkan produk akan jauh lebih efisien dan lebih praktis jika dilakukan melalui beberapa teknologi diatas yang menggunakan Internet. sebut saja contohnya perdagangan melalui Broadcast BB, atau Timeline Line, bahkan Instagram. Semua itu diperlukan koneksi Internet dalam penggunaanya. Pada kesempatan kali ini Saya akan membagikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran yaitu sebagai berikut:

  • Perencanaan

Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.

  • Target Market

Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.

  • Konsistensi

Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.

  • Website

Saat ini bisnis apapun usahakan memiliki website, karena hampir 65% konsumen datang dari informasi internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.

  • Branding

Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Kebanyakan usaha kecil sering melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.

  • Promosi dan iklan

Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bisnis dan produk. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.

  • Customer Relationship Management

Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member. Sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline