Lihat ke Halaman Asli

Telkom University

Staff Accounting

Edurank 2024, Ini 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Bandung!

Diperbarui: 19 Juli 2024   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Telkom University

Telkom University -- EduRank telah kembali mempersembahkan pemeringkatan global universitas. Sebagai salah satu sistem pemeringkatan universitas berbasis analisis data kuantitatif, EduRank dirancang untuk mengevaluasi dan menilai universitas-universitas di seluruh dunia. Kabar gembira datang di bulan Februari 2024, di mana Telkom University (Tel-U) berhasil mempertahankan posisinya sebagai kampus swasta terbaik di Bandung.

EduRank menggunakan tiga metrik utama dalam penilaiannya: kinerja penelitian, keunggulan non-akademis, dan prestasi alumni. Dengan memanfaatkan data dari OpenAlex, EduRank menilai kinerja penelitian melalui publikasi dan kutipan akademik. Penilaian ini dilakukan dengan menggambarkan publikasi dan kutipan dari universitas tertentu dalam bentuk grafik untuk menghitung bobot tiap publikasi.

Kinerja penelitian menyumbang 45 persen dari total penilaian. Selanjutnya, keunggulan non-akademis dinilai berdasarkan reputasi halaman web individu atau backlink yang mengarah ke universitas dari situs lain. Penilaian ini, yang juga berbobot 45 persen, menggunakan data dari Ahrefs, penyedia indeks halaman dan tautan terbesar. Terakhir, EduRank menyertakan 10 persen bobot penilaian untuk alumni, yang mencerminkan jumlah gabungan tampilan halaman yang dilihat oleh lulusan dan individu terkait lainnya. Meskipun hanya memiliki tiga indikator penilaian, tiap indikator pada pemeringkatan EduRank memiliki kompleksitas tersendiri dalam menentukan peringkat universitas.

Meski baru berusia sebelas tahun, Tel-U berhasil menduduki peringkat ke-516 di Asia dan menjadi universitas swasta terbaik di Bandung tahun 2024. Berikut ini adalah daftar 10 besar universitas swasta di Bandung versi EduRank:

  1. Telkom University (Peringkat 2 Swasta Nasional)
  2. Universitas Katolik Parahyangan (Peringkat 62 Swasta Nasional)
  3. Universitas Kristen Maranatha (Peringkat 65 Swasta Nasional)
  4. Institut Teknologi Nasional (Peringkat 118 Swasta Nasional)
  5. Universitas Islam Bandung (Peringkat 125 Swasta Nasional)
  6. Universitas Advent Indonesia (Peringkat 144 Swasta Nasional)
  7. Universitas Komputer Indonesia (Peringkat 149 Swasta Nasional)
  8. Universitas Langlangbuana (Peringkat 161 Swasta Nasional)
  9. Universitas Ismal Nusantara (Peringkat 194 Swasta Nasional)
  10. Universitas Widyatama (Peringkat 240 Swasta Nasional)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline