Lihat ke Halaman Asli

Penjualan Sepi? Cek Dulu, Jangan-Jangan Salah Jalur Distribusi

Diperbarui: 14 Maret 2022   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Distribusi adalah tahapan penting dalam bisnis yang mastiin produk kita sampai ke konsumen. Produk kita bisa ditemuin, dilihat dan akhirnya dibeli konsumen itu tergantung dari jalur distribusi yang kita pilih. 

Kalau jalur distribusinya sesuai dengan target pasar, pasti bakal berpengaruh ke penjualan kita.  Sebaliknya, kalau kita salah pilih distribusi, penjualan kita bakal sulit sesuai harapan. Makanya buat produsen maupun penjual, belajar dan ngerti soal distribusi itu penting banget, biar kita bisa masarin produk ke jalur yang sesuai.

Berikut ilmu dasar tentang distribusi yang wajib dipahami: 

Pengertian & Tujuan Distribusi

Secara definisi, distribusi adalah kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menyalurkan dan mengantar barang hasil produksi kepada konsumen. 

Tujuan utamanya adalah memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain untuk memberikan jaminan keberlangsungan aktivitas produksi berjalan lancar sampai barang yang selesai diproduksi bisa diterima oleh konsumen. 

Jenis Jalur Distribusi

Ada beberapa jalur distribusi yang dapat dipilih oleh produsen, tergantung dari produk dan target konsumen yang mau dituju. Secara garis besar terbagi dua, jalur distribusi langsung dan jalur distribusi tidak langsung.

  1. Distribusi Langsung

Jalur distribusi langsung kepada konsumen dapat dilakukan secara online dan offline. Saat ini banyak bisnis yang mulai mengembangkan distribusinya secara online karena mengikuti perkembangan teknologi dan perubahan budaya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline