Lihat ke Halaman Asli

teguh wiyono

guru SMAN 1 Losari dan hypnotherapist

Sekolah Ramah Anak sebagai Wujud Apresiasi terhadap Hak Anak

Diperbarui: 25 Februari 2021   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi.

Anak adalah generasi penerus bangsa, di pundaknya membawa amanah untuk membangun kemajuan bangsa. Selayaknya lah semua anak memperoleh fasilitas yang terbaik dalam masa belajar hingga mendapatkan apa yang di cita-citakan.

Anak membutuhkan totalitas atas semua kemampuannya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Mereka membutuhkan suasana yang mendukung untuk belajar. Yaitu suasana yang nyaman yang menjamin anak dapat menerima pelajaran dengan aman. Bagaimanapun suasana lingkungan itu sangat mempengaruhi proses belajar mengajar agar dapat terlaksana dengan baik.

Anak memiliki hak untuk dapat bersekolah dengan layak dan baik. Berhak pula mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang baik yang menunjang proses belajar di sekolah. 

Oleh karena itu pada pasal 4 Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berapresiasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Jadi sangat jelas bahwa anak mempunyai hak untuk mendapatkan perlakuan yang baik dan didengar segala pendapatnya.

Dalam undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2013 pada pasal 1 menyebutkan bahwa pemenuhan hak pendidikan anak adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik pada usia anak secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Atas dasar itulah kemudian dicanangkan program sekolah ramah anak.

Sekolah Ramah Anak.

Sekolah ramah anak adalah sebagai upaya untuk mewujudkan hak anak untuk semua aspek agar mendapatkan pendidikan dengan layak dan aman. Dengan begitu sekolah berpartisipasi untuk mendorong kemajuan anak agar dapat tumbuh dan berkembang tanpa rasa was-was dan takut.

Suasana yang ramah dalam sekolah akan membuat anak merasa nyaman dan terlindung seperti dalam rumahnya sendiri, sehingga tidak ada alasan bagi anak untuk terhambat proses belajarnya.

Peran Penting Lingkungan

Untuk mewujudkan sekolah ramah anak dibutuhkan peran serta semua pihak yang bersinggungan langsung dengan kehidupan anak tersebut. Lingkungan sebagai tempat tinggal anak, rumah, dan sekolah. Lingkungan tersebut ikut memberi warna terhadap perkembangan psikologi anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline