Lihat ke Halaman Asli

Teguh setiawan

Email: teguhpangerankegelapan@gmail.com

Gedung DPRD Kabupaten Lebak, Bangunan Indah Peninggalan Zaman Kolonial Belanda

Diperbarui: 13 Maret 2022   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto: kemendikbud.go.id

Provinsi Banten banyak memiliki bangunan bersejarah salah satunya bisa kita lihat dikabupaten lebak. Bangunan bersejarah itu ialah Gedung DPRD kabupaten Lebak, bangunan ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada masa belanda, dan hingga kini bangunan ini masih kokoh berdiri dengan sejuta keindahan arsitekturnya yang bisa kita nikmati sampai saat ini.

Gedung DPRD kabupaten lebak ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah, bahkan dalam kegiatan festival seni multatuli (FSM) Gedung ini dimasukan dalam kegiatan telusur jejak multatuli dimana para peserta kegiatan diajak untuk berkeliling melihat semua bangunan bersejarah di kabupaten lebak. Dalam kegiatan tersebut saya dipercaya sebagai guide yang memandu kegiatan dan menjelaskan mengenai hal ikhwal mengenai gedung DPRD ini, baik itu sejarahnya, arsitekturnya dan lain-lain.

Gedung DPRD kabupaten lebak ini beralamat di jalan abdi negara no 8 kampung kaum,kelurahan rangkasbitung barat. Kabupaten lebak, Banten.  

Gedung ini tepat di pusat kota yaitu berada dekat alun-alun kota dan bersebelahan dengan kantor bupati lebak. Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah sekilas penjelasannya; Gedung DPRD ini sekarang sudah terdaftar sebagai bangunan cagar budaya dengan nomor registrasi : CB.393 dengan Surat keputusan, Nomor SK: PM.02/PW.007/MKP.2010 tertanggal 8 Januari 2010.

Sebelum gedung ini menjadi gedung DPRD seperti sekarang, dahulu gedung ini bernama Contrakten Administratie, dimana gedung ini digunakan untuk pusat pengurusan administrasi penyelesaian kontrak-kontrak perkebunan di wilayah administrasi Banten Kidul. Gedung ini merupakan milik pemerintah kolonial belanda pada masanya yang fungsinya digunakan sebagai kantor perusahaan perkebunan dari NV Cultuur maatschappij "Nieuw tjisalak" ant werpen yang sebagian besar pengolahan perkebunan bergerak dibidang karet. Menurut perkiraan awal gedung ini dibangun yaitu pada tahun 1800-an tepat pada masa cultuur stelsel (tanam paksa) diberlakukan.

Gedung ini dibangun oleh biro arsitektur "fermont cuypers" karena ada stempel dibagian gedung dan di sisi lainnya tepat sebelah kiri ada tulisan "ANNO 1932" dan di sisi lainnya terdapat stempel bertuliskan "ARCH.EN.INGRS.BUR: FERMONT-CUYPERS", Luas areal gedung berukuran 695 meter persegi. Bangunan berdenah seperti huruf "E" dengan bagian muka (fasade) terletak di sisi utara, bangunan muka berbentuk memanjang dengan orientasi barat-timur dan mempunyai arah hadap ke utara. Komposisi dinding bangunan fasade adalah susunan batu andesit muka dengan spesi (masonry) list dari plesteran yang sedikit menonjol dari permukaan dinding dan dinding atasnya dilapisi plesteran berwarna putih.

Ornamen bangunan terlihat indah bergaya belanda. Pintu berdaun ganda dari bahan kaca dan kayu jalousi dengan ventilasi horizontal diatasnya. Sirkulasi udara lancar sehingga jika kita masuk kedalamnnya terasa sejuk.

Sampai saat ini gedung DPRD kabupaten lebak ini masih kokoh berdiri walaupun sudah berusia sangat tua. Gedung ini merupakan gedung bersejarah dan  menjadi benda warisan peninggalan sejarah yang indah. Gedung ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di kabupaten lebak. [TS]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline