Lihat ke Halaman Asli

Para "Waterbender", Pengendali Air

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13967843181142618448

[caption id="attachment_318841" align="aligncenter" width="328" caption="After Guan Weixing"][/caption]

CAT AIR mungkin media lukis yang kurang populer jika dibandingkan dengan cat minyak. Pelukis cat air karenanya pun tak banyak. Sifat-sifat cat air yang cepat kering, instan dan sulit dikoreksi membuat sebuah karya lukis cat air memerlukan perlakuan khusus dalam proses pembuatannya. Berbeda dari cat minyak yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk kering, bahkan berbulan-bulan untuk kering-keras--yang merupakan salah satu kelebihan cat minyak yaitu kelonggaran bagi pelukis untuk mencampur warna di atas kanvas senyampang cat belum kering, cat air boleh dibilang dikerjakan sekali jadi.

Cat air memiliki ciri khas tersendiri, dibanding media berbasis air lainnya seperti cat poster atau akrilik, yakni sifat transparansinya, selain sifat cepat kering yang membuat cat air menjadi media lukis yang secara teknis paling tinggi tingkat kesulitannya.

Penggemar lukis cat air, baik amatir maupun profesional di Indonesia tergabung dalam Komunitas Lukis Cat Air Indonesia (KOLCAI) yang telah tumbuh dengan terbentuknya berbagai "chapter" di berbagai kota. Komunitas ini rupanya ingin mempromosikan seni lukis dengan media cat air ini. Cukup menjanjikan mengingat animo yang cukup besar saat diadakan acara "plein air" atau melukis langsung di udara terbuka.

KOLCAI Chapter Yogyakarta berencana mengadakan gelaran acara "plein air" pada hari Minggu pagi tanggal 20 April 2014 mulai pukul 10.00, yang akan diikuti oleh pelukis cat air dari beberapa kota di Indonesia. Gratis. Sedangkan agenda pameran direncanakan bulan Mei.

Mudah-mudahan ini menjadi pemicu geliat bangkitnya seni lukis cat air dan munculnya para "pengendali air" ke kancah seni rupa tanah air, baik dari para pelukis senior profesional maupun para amatir yang selama ini mungkin menggladi jurus pengendali air secara diam-diam dan sendiri.

Di tengah-tengah panasnya cuaca alam maupu  politik di negeri ini, sentuhan unsur Air tampaknya akan dapat menjadi terapi yang manjur untuk mengembalikan "alat sehat dan akal vital" kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline