Lihat ke Halaman Asli

Teguh Nugraha

Blog Pribadi

Pengalaman Test MDP Trainee Agronomi Evans Group Indonesia

Diperbarui: 5 Desember 2021   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source image: Cakapinterview.com

Saya seorang lulusan pertanian disalah satu kampus di Yogyakarta, ketika lulus kuliah. Saya ingin mencoba memulai karir saya sesuai dengan bidang kuliah yang saya ambil, yaitu pertanian. Bagi seorang Fresh Graduate seperti saya, tentu tidak ingin menunda-nunda waktu untuk terjun ke dunia kerja, oleh karena itu saya memutuskan mencari lowongan pekerjaan di situs-situs pencari kerja di google, Instagram dll.

Saya tinggal di lingkungan dekat dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, sehingga minat saya sangat tinggi untuk bisa bergabung dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Beberapa perusahaan membuka pintu bagi fresh graduate untuk bergabung melalui  Management Development Program atau Trainee. Diantara beberapa perusahaan yang saya lamar, Evans Group menjadi perusahaan pertama yang memanggil saya untuk ikut tes seleksi awal.

Sedikit gambaran tentang Evans Group, PT Evans Indonesia merupakan perusahaan multinasional (M.P. Evans Group PLC) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dimana areal perkebunan kami berada di Sumatera, Bangka, dan Kalimantan Timur. M.P. Evans Group PLC memiliki perkebunan kelapa sawit di Indonesia dan beberapa lahan pengembangan properti di Malaysia. Sahamnya diperdagangkan di London Stock Exchange AIM. 

Nah disini saya akan coba menjelaskan urutan perekrutan Trainee Agronomi Evans Group Indonesia dari awal sampai lulus dan bergabung dengan perusahaan. Let's start

1. Pendaftaran

Saya daftar Evans Group melalui portal job di Instagram, selang beberapa Minggu saya dipanggil untuk mengikuti Presentasi perusahaan melalui Zoom Meeting

2. Sesi Presentasi perusahaan

Sesi presentasi perusahaan meliputi sesi pengenalan profil perusahaan, benefit dan tanya jawab. Di sesi ini, saya mulai tertarik dengan perusahaan ini karena sedikit berbeda dengan perusahaan perkebunan lain pada umumnya. 

Perusahaan yang membuka Trainee atau Development Program, biasanya akan menerapkan sistem kontrak dan ada kontrak lanjutan untuk mengabdi di perusahaan (biasanya 2-3 tahun) dan akan ada pinalty yang harus dibayar apabila tidak mampu menyelesaikan program sampai tuntas. Namun di Evans Group sendiri, perusahaan tidak mengikat calon karyawan nya dengan kontrak yang biasa dilakukan perusahaan lain. Menurut saya inilah kelebihan Trainee Evans Group dibandingkan dengan perusahaan perkebunan lain. 

Selain masalah kontrak kerja, Benefit yang ditawarkan oleh perusahaan pun cukup menarik. Ketika masa trainee, kita akan diberikan rumah dan kendaraan dinas, selain itu setiap bulannya kita akan diberikan uang saku, uang makan dan uang bensin. Sedikit cerita, Sepengalaman saya uang saku di Evans lumayan besar dibandingkan dengan perusahaan perkebunan lain.  

Dengan Benefit yang menurut saya sangat menarik tersebut, tentu saya makin berminat mengikuti rangkaian tahap selanjutnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline