Lihat ke Halaman Asli

Tim Terbaik yang Tidak Lolos Piala Dunia (I)

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1391664330319493127

Meskipun mereka bertabur bintang dan dalam masa keemasan, tidak serta merta mereka bisa lolos ke putaran final Piala Dunia. Berikut beberapa tim yg gagal lolos secara mengejutkan.

1. INGGRIS 1974 - Jerman Barat

  • Harus menang melawan Polandia, Inggris justru ditahan imbang 1-1. Gemilangnya Jan Tomaszewki yg diejek badut oleh Brian Clough membuat Inggris gagal lolos Piala Dunia. Waktu itu Juaranya adalah tuan rumah Jerman Barat.

2. BELANDA 1986 - Meksiko

  • Generasi emas Belanda yg dihuni oleh Marco van Basten, Frank Rijkaard, Ruud Gullit dan Rob de Wit. Tidak mampu membuat Belanda menang atas Belgia di babak Play off. Kalah efektifitas gol membuat Belanda gigit jari. Juara kemudian direbut oleh Argentina.

3. PORTUGAL 1998 - Perancis

  • Skuad Portugal yg dihuni oleh Rui Costa, Joao Pinto dan Luis Figo gagal melaju ke Final Piala Dunia Perancis karena berada di bawah Jerman dan ukraina. Juara kemudian disabet Perancis dengan Zidane nya.

4. YUGOSLAVIA 1998 - Perancis

  • Salah satu tim terbaik dunia saat itu adalah Yugoslavia. Hampir semua klub besar memakai jasa para pemain yugoslavia seperti Dragan Stojkovic, Zvonimir Boban, Dejan Savicevic, Davor Suker, Darko Pancev, Sinisa Mihajlovic, Robert Prosinecki dan Srecko Katanec. Mereka tidak lolos bukan karena kalah tetapi karena dilarang oleh FIFA. Peperangan di Yugoslavia membuat negara ini terpecah menjadi Bosnia & Herzegovina, Kroasia, Slovenia, Makedonia, Serbia, dan Montenegro. Para pemain mereka kemudian juga berpisah menurut negara yg mereka ikuti.

5. PRANCIS 1994 - USA

  • Les Blues yg diperkuat bintang-bintang legendaris macam Jean-Pierre Papin, David Ginola, Eric Cantona, Didier Deschamps hingga Marcel Desailly tidak mampu berangkat ke Amerika Serikat karena secara mengejutkan kalah oleh Israel dan Bulgaria. Dengan Bulgaria mereka kalah saat bermain di Parc des Princes di injury time. Juaranya adalah Brazil setelah tendangan Penalti Roberto Baggio melenceng dari gawang.

Tim yg dihuni pemain bintang sekalipun belum tentu bisa lolos ke Piala Dunia. Bukan karena mereka jelek tapi mungkin keberuntungan belum berpihak kepada mereka.

Bersambung..........

Salam,




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline