Lihat ke Halaman Asli

Teguh Hariyanto

"Seorang biasa yang ingin berbagi kisah kehidupan bagi sesama untuk kehidupan yang lebih baik"

Awal Tahun 2021, Kembali Bekerja dan Belajar

Diperbarui: 3 Januari 2021   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

via tribunnews

Selamat tahun baru 2021, selamat mempersiapkan diri untuk kembali pada rutinitas yaitu belajar dan bekerja. Setelah hampir sepanjang tahun 2020 kita diperhadapkan dengan situasi yang sulit yaitu pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk membatasi semua hal, akhirnya tahun 2020 selesai juga. 

Apakah ini berarti pandemi juga sudah berakhir? Ya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 belum juga usai. Di beberapa negara justru penyebaran virus Covid-19 semakin tidak terkontrol.

Di tahun 2020 banyak hal yang berubah, strategi atau perencanaan hidup atau masa depan, pola makan, pola hidup, pola kerja dan sebagainya. Perubahan itu memunculkan kebiasaan yang baru. Jika kita sudah memiliki beberapa pengalaman selama tahun 2020 dalam menghadapi atau menekan penyebaran virus Covid-19 strategi apa yang sudah kamu siapakan untuk kembali beraktifitas di tengah pandemi ini?

Beberapa orang menyikapi virus Covid-19 dengan caranya masing-masing. Ada yang benar-benar ketakutan terhadap virus ini, ada yang biasa saja namun tetap waspada ada yang sampai sekarang belum percaya bahwa Covid-19 itu memang ada. Bagaimanapun sikap mereka, saya berada pada posisi bahwa tidak perlu takut yang berlebihan namun tetap waspada. Nah beberapa hal yang dapat kita siapkan dan lakukan untuk kembali beraktivitas belajar dan bekerja di tengah pandemi Covid-19 adalah:

sumber: rukita.co

Pelihara suasana hati dan pikiran

Salah satu penyebab orang cepat mengalami sakit bahkan kematian adalah karena ia terlalu banyak pikiran. Apalagi jika ia hanya tipe pemikir dan mager (malas gerak) malas bertindak. 

Keadaan di sekitar kita boleh berubah namun jika kita tetap bisa memelihara suasana hati maka hal itu itu tidak akan berpengaruh pada diri kita. Untuk itu kita perlu memelihara sukacita dan kebahagiaan hati dan pikiran kita. 

Berusahalah untuk selalu bersukacita serta berpikir positif hal itu akan mengubah seluruh pikiran dan hati. Mother Terasa mengatakan: "Sukacita adalah doa, sukacita adalah kekuatan: sukacita adalah kasih; sukacita adalah sebuah kasih sejati yang dapat menangkap jiwa." Seorang yang selalu menjaga sukacita membuat tubuh lebih sehat. Sukacita menjadi modal pertama kita dalam mengawali tahun yang baru, di depan terbentang luas harapan dan angan-angan yang baru.

Pelihara kesehatan: olahraga dan pola makan

Rajin olahraga dan menjaga pola makan mungkin itu adalah resolusi yang kamu buat di tahun 2021. Nah kamu bisa mulai dengan hal-hal yang sederhana untuk tetap beraktivitas di tengah pandemic Covid-19 dengan menjaga kesehatan dan menjaga pola makan. 

Bagaimana caranya, buat kamu yang sibuk bekerja dan sibuk kuliah atau belajar dan tidak sempat untuk melakukan olahraga yang berat. Cukup lakukan olahraga sederhana namun rutin. Mulailah dengan push-up, angkat barbel, lari-lari kecil di sekitar rumahmu atau kamarmu. Hal itu cukup untuk membuat badan tetap fit daripada tidak sama sekali. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline