Lihat ke Halaman Asli

Dari Hobi Menjadi Profesi

Diperbarui: 22 April 2018   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto pribadi

 Berperawakan tinggi besar dan berpenampilan sederhana, pembawaannya tenang tampak bijak dan ramah, meskipun tampak kalem namun terkadang bisa bersikap tegas. Jiwa dan kegemarannya menjadikannya seorang pemuda yang tegas, tenang dan berjiwa petualang. Itulah yang membuat anak muda kagum padanya dan mera

sa senang untuk mengajaknya bicara dan tidak sungkan selalu ingin mengobrol bersamanya.

 'Bima' atau 'Bung Bima' , begitulah ia disapa oleh beberapa kenalannya, seperti teman, rekan kerja, bahkan teman-teman seprofesinya. Pria yang bernama lengkap Bima Putra Pamungkas, merupakan sosok yang unik dibalik profesi yang sedang digelutinya. Saat ini, ia menjalankan rutinitasnya sebagai atlet tarung derajat Indonesia dan salah satu mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Surabaya. 

Usianya yang masih tergolong muda tidak menyurutkan semangatnya meskipun  padatnya rutinitas yang dilakukannya. Ia juga merasa tidak jenuh dengan profesinya di bidang olahraga yang sedang dilakoninya sejak tahun 2007. Profesi dan rutinitas tidak akan pernah menghalangi kegemarannya. Meski banyak orang yang menganggap susah mungkin karena tidak biasa.

 

foto pribadi

Ia juga dikenal sebagai sosok yang murah senyum, supel, seakan tiada beban dalam hidupnya. Tak ada amarah dan congkak yang ditunjukan dari dirinya setiap bertemu dengan semua orang yang dikenalnya. Saat berbicara dengan orang lain bahkan di kampus sekalipun, ia tampak santai tanpa merasa risih atau kesal. Penampilan kesehariannya pun terlihat rapi namun sederhana hanya kadang-kadang saja ia mengenakan kemeja dan celana panjang resmi di suatu acara yang tidak formal maupun di saat formal seperti saat menjadi mahasiswa. 

Tidak selalu pria penggemar musik folk ini menggunakan kemeja, bahkan kadang menggunakan kaos dan celana pendek saat pergi bersama teman-temannya untuk sekedar minum kopi di pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan maupun melancong ke kota lain atau acara-acara santai yang tidak begitu formal hanya untuk menyegarkan pikiran nya dengan pergi bersama sahabatnya.

foto pribadi

Anak ketiga dari enam bersaudara ini penggemar traveling lahir di jakarta dari keluarga yang sederhana dengan Ibunda lahir di Manado dan Ayahanda lahir di Jawa. Meskipun lahir di Jakarta, namun adat dan tradisi kesehariannya lebih banyak mengikuti Ayahandanya, yaitu Jawa. Kini, setelah menjadi salah satu Atlet tarung bebas terbaik di Indonesia, berkeinginan mendirikan sasana latihan agar dapat menyalurkan bakat dan ilmunya ke orang lain. 

Kenangan yang tak kan pernah terlupakan baginya adalah saat bertanding mengalahkan seniornya dulu di sekolah menengah pertama, sehingga guru pengajarnya mengarahkannya ke rana olahraga prestasi dan akhirnya menjadi Atlet terbaik Indonesia.

 Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan sekolah menengah pertama di SMP 1 Patianrowo Kertosono pada tahun 2008 dan SMA pada 2012 dari SMA Negeri Olahraga Sidoarjo yang menurut padangannya bisa meningkatkan kemampuannya dalam olahraga yang ditekuninya yaitu cabang olahraga gulat karena di sekolah tersebut terfokuskan pada pembibitan Atlet prestasi. Kemudian ia meneruskan S1 komunikasi di universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang ditempuhnya sekarang. 

foto pribadi

Selain berkecimpung di dunia olahraga sebagai Atlet, ternyata bidang transportasi di perusahaan pelayaran swasta di Surabaya juga ditekuninya sebagai profesi yang lain. Mengawali perjuangannya, sejak tahun 2007 hingga 2013 menjadi pegulat di jawa timur. Awal mula menekuni dunia olahraga dari mengikuti ekstrakulikuler di masa SMP lama kelamaan menjadi hobi dan tanpa terasa hobi itu menjadi prestasi. 

Setelah selama enam tahun menekuni cabang olahraga gulat barulah pria kelahiran 5 Desember 1993 pindah ke cabang olahraga tarung derajat pada tahun 2014 dan bertahan hingga sekarang. Saat hari biasa , ia menjalankan rutinitasnya sebagai staf oprasional lapangan sekaligus Atlet Jawa Timur dan seorang mahasiswa aktif.

791afce1-1785-4f3d-8aea-b6b5bf52bee4-1-5adc92b716835f23c7418252.jpg

Bekerja dengan gigih dari pagi hingga matahari terbenam dilanjutkan kuliah sore sampai malam dan jadwal latihan yang padat setiap minggunya, berperan sebagai karyawan, seorang Atlet dan mahasiswa ia lakukan demi produktifitas dimasa muda dan menuainya disaat tua nanti. 

Narasumber : Bima Putra Pamungkas




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline