Lihat ke Halaman Asli

Teguh Wiyono

Pendidik

Peran Guru dalam Pendidikan

Diperbarui: 8 November 2022   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Sahabat kompasianer, kita telah memasuki hari ke-8 bulan Nopember 2022, semoga kita selalu diberikan kesehatan.

Sahabat kompasianer, Guru memiliki peran penting dalam pendidikan, maju mundurnya pendidikan sangat tergantung dari peran dari seorang guru. Menurut penulis, peran guru dalam pendidikan sekurang-kurangnya sebagai berikut

1. Seorang guru dalam pendidikan harus berperan sebagai Motivator. Guru harus mampu memberikan semangat kepada murid-muridnya dalam menempuh pendidikan. Guru harus dapat menggugah gairah belajar murid yang mungkin kurang semangat belajar karena masalah dikeluarganya. untuk dapat menerima ilmu baru dari seorang guru, murid harus memiliki motivasi, dan itu harus dibangun oleh sang guru agar para murid merasa nyaman belajar bersama dengan guru tersebut.

2 seorang.guru harus menginspirasi, bahwa seorang guru harus dapat menginspirasi murid-muridnya untuk meraih cita citanya lebih baik, sesuai dengan perkembangan jamannya. kehadiran guru dijadikan idola dan model didalam kehidupannya. sang murid selalu terpacu dan bersemangat tinggi dalam mengejar impiannya, sehingga rajin dalam belajar. 

Murid menjadi tidak takut mengejar mimpinya karena berbagai alasan misalnya karena lahir dari orang miskin, karena berasal dari orang kampung, bukan berasal dari kalangan orang biasa. nah sang guru yang baik harus mengikis perasaan rendah diri para murid tersebut

3. Seorang Guru mampu memberikan pendidikan/Pengajaran yaitu orang yang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada para anak muridnya, mengajarkan adab, norma,perilaku yang baik sesuai tuntunan masyarakat dan ajaran agama. Guru memberikan ilmu pengetahuan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru.

4. seorang Guru Sebagai pembimbing, yaitu orang yang mengarahkan muridnya agar tetap berada pada jalur yang tepat sesuai tujuan pendidikan.

5. Seorang Guru sebagai tempat berbagi, maksudnya adalah bahwa kehadiran guru bukan sekedar tempat untuk tranfer pengetahuan saja akan tetapi bahwa guu bisa tempat curhat, diskusi berbagai masalah yang dihadapi murid dengan segala permasalahannya. Guru terkadang harus menjadi pendengar yang baik buat para muridnya, ketika mereka membutuhkan perhatian.

6. Seorang Guru harus memberikan Pengaruh, dalam hal ini guru harus memberikan pengaruh positif terhadap anak muridnya, guru mampu memberikan keteladanan, menjadi figur/sosok yang pantas dijadikan contoh dalam kehidupan sang murid.

Selain itu guru harus mempengaruhi pemikiran murid yang mungkin menyimpang, untuk itu peran guru harus mampu mempengaruhi untuk meluruskan pemikiran tersebut. sebagai contoh pemikiran anak muda sekarang atas kekerasan, tawuran antar pelajar, penggunaan obat obatan terlarang, yang mungkin dianggap biasa, nah hadirnya guru harus meluruskan pemikiran tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline