Lihat ke Halaman Asli

Teguh Wiyono

Pendidik

Tips agar Tidak Terpisah dari Rombongan saat Travelling?

Diperbarui: 24 Oktober 2022   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sahabat kompasianer, apakabar hari ini? 

Mudah mudahan sahabat kompasianer hari senin ini lebih fresh karena mungkin kalian habis liburan bersama temen temen kantor atau  keluarga besar. Jangan sampai liburan anda berubah jadi jengkel, kesel, bete karena anda terpisah dari rombongan saat traveling/ dalam perjalanan sehingga harusnya menikmati.liburan jadi bete.

Sahabat kompasianer,

Liburan yang dilakukan secara masal, bersama sama memang mengasyikkan, karena bisa menikmati suasana di tempat wisata dengan bercengkerama bersama sama teman teman.

Tetapi jika kita dalam mengantur dan mengkodisikan teman teman kurang baik, hasilnya tidak sesuai harapan. Bisa jadi salah satu rombongan anda terpisah, atau bahkan nyasar sehingga tidak sampai ke tempat tujuan. Atau semua tim terlambat waktu sampai lokasi tujuan karena mwnunggu rombongan teman yang tertinggal dari rombongan inti. Dan ini pasti bikin kesal hehehe.

Bagaimana cara mengurangi resiko dan kendala semacam ini? Berikut pengalaman yang pernah dilakukan penulis

1. Jika kita melakukan perjalanan dalam rombongan besar lebih dari 2 mobil, hal pertama dilakukan adalah menentukan mobil rombongan mana yang dijadikan leader atau penunjuk jalan, pembuka jalan. Leader ini menentukan jalur mana yang akan dilalui, menentukan titik kumpul tempat ceking peserta rombongan sebelum sampai tempat  tujuan. Ini dimaksudkan memastikan tidak ada rombongan yang tercecer.

2. Setiap kendaraan/ mobil ada  yang dijadikan person in charge (PIC) yang melakukan komunikasi intens dengan ketua rombongan untuk melaporkan  posis kendaraan, ada kendala apa dalam kendaraan tersebut. Di era digital seperti sekarang sebenar komunikasi jauh lebih mudah. Kita bisa melakukan share live location  sehingga semua romhongan bisa memantau posisi rombongan secara realtime.

3. Untuk menghindari rombongan keluar dari rombongan besar, pastikan seluruh PIC mematuhi instruksi dari ketua rombongan.jika.tidak mengenali daerah tujuan, berikan petunjuk petunjuk yang mudah dikenali oleh PIC, misal gedung, fasiltas umum yang dilihat

4. Pastikan kuota, pulsa, data anda selalu cukup untuk melakukan konunikasi  dalam perjalanan tersebut, sehingga tidak lost contact dengan rombongan lain.

Dengan melakukan komunikasi yang intens mudah mudahan kita tidak terlepas dari rombongan besar sehingga liburan anfa menjadi nyaman, rileks dan tentu dinikmato dengan senang hati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline