Lihat ke Halaman Asli

Teguh Wiyono

Pendidik

Memanfaatkan Kompresor Bekas AC rumah untuk Servis AC Mobil

Diperbarui: 8 September 2022   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Penulis dalam kesehariannya bekerja sebagai seorang guru, disalah Satu SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, Sebagai pengajar guru produktif, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Sebagai guru produktif, mengajar praktikum kepada siswa sudah menjadi keharusan. Dalam praktikum sering membutuhkan alat dan bahan yang tidak murah agar siswa dapat melakukan latihan, mencoba sehingga siswa dapat memahami, memiliki kompetensi sesuai jurusan yang mereka pilih. 

Dalam praktikum sistem AC, ada bahan praktikum yang terbuang dengan percuma saat para siswa melakukan praktikum pengosongan dan pengisian Freon. Siswa harus harus membuang freon ke udara, bisa dibayangkan jika dalam praktikum  ada 7 kelompok praktikum dalam satu kelas (rata-rata dalam 1 kelas berisi 35-36 orang). 

Sementara di jurusan otomotif  ada 2 kelas yang harus melakukan praktikum. Jika dalam 1 kelompok menghabiskan 0,5 kg freon setiap kali mengisi freon dan harus dibuang kembali maka butuh 8,5 kg kalo diulang 2- 3 kalo, tinggal dikalikan saja berapa kebutuhannya.

Pemanfaatan  Barang Bekas dari AC rumah

Dari temuan dilapangan diatas, penulis mencoba mencari solusi yang murah dan terjangkau tapi memiliki nilai manfaat yaiyu bagaimana caranya freon freon dari kendaraan itu tidak terbuang percuma. Kemudian, muncul.ide bagaimana memanfaatkan Outdoor dari AC rumah dengan memanfaatkan kompresornya AC  rumah. Prinsip kerja  kompresor AC rumah dan kompresor AC mobil pada dasarnya sama ada katup isap ( suction) dan katup buang (dischage). Yang membedakan jika AC rumah katup-katup itu bisa ditutup dan dibuka menggunakan kunci L. 

Dengan memahami prinsip diatas, maka dilakukan modifikasi dengan memotong pipa yang menunju kondensor kemudian dibupass menuju katup hisap.

Cara kerja Alat ini

Karena alat ini digunakan untuk menghisap freon yang ada dimobil, maka neple  yang ada dimobil disambung ke naple hisap pada alat, supaya freon dapat tampung didalam kompresor,kran katup buang ditutup sehingga freon dari mobil yang dihisap tetap tersimpan didalam alat ( kompresor). Setelah ditampung dikompresor bisa dipindahkan ke dalam.tabung freon. 

Manfaat inovasi 

Dengan bantuan alat hasil modifikasi dan inovasi ini dapat  mengurangi  pembuangan zat refrigerant ke udara yang dapat berdampak terjadi pencemaran udara yang menimbulkan pemanasan global akibat efek rumah kaca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline