Lihat ke Halaman Asli

Teguh Ari Prianto

TERVERIFIKASI

-

Riset LPPM Ika Muda UNPAD, Ganjar Pranowo Sosok Teladan bagi Bangsa

Diperbarui: 27 Oktober 2023   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lambang LPPM Ika Muda Unpad. Foto: Fuad Rinaldi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Ikatan Alumni Muda Universitas Padjadjaran (LPPM IKA Muda UNPAD), melaksanakan riset tentang Kepemimpinan Sosok Ganjar Pranowo, baru-baru ini.

Menurut Ketua Umum IKA Muda UNPAD, Fuad Rinaldi atau Kang Fuad, bahwa riset LPPM Ika Muda Unpad ini menjadi tambahan sekaligus alasan mendasar dan kuat, mengapa pihaknya mengangkat Ganjar Pranowo menjadi Anggota Kehormatan IKA Muda UNPAD.

"Kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi secara aktif orang-orang agar dapat diarahkan untuk mencapai tujuan suatu organisasi, maka memotivasi prilaku pengikut untuk mencapai tujuan, dan mempengaruhi budaya suatu kelompok" ungkap Kang Fuad.

Adanya cara pandang demikian, kata Kang Fuad, LPPM Ika Muda Unpad melakukan sebuah riset terhadap responden diantaranya adalah kelompok emak-emak tentang bagaimana sosok kepemimpinan Ganjar Pranowo, apakah memiliki nilai pedagogis yang umum dan kepemimpinan yang dapat menginspirasi emak-emak.

"Kami melihat fenomena Pak Ganjar Pranowo sebagai sosok pemimpin yang kerap berada di tengah masyarakat namun tidak hanya sekedar blusukan dalam rangka memberi perhatian dan menyapa masyarakat, akan tetapi ada proses komunikasi yang terjadi antara masyarakat dan Pak Ganjar Pranowo yang mungkin hal ini tidak ada pada Presiden Indonesia yang lainnya" ujar Kang Fuad.

Sehingga, setiap melakukan komunikasi dengan masyarakat, msnurut Kang Fuad, Pak Ganjar Pranowo menunjukkan sikap kepemimpinan yang mampu menanamkan nilai-nilai kepedulian kepada sesama, kerja cepat, tegas, memberikan teladan kepada masyarakat, dan memiliki cara  berkomunikasi secara baik.

"Kami melihat Pak Ganjar Pranowo ini sosok pemimpin yang komplit" tegas Kang Fuad.

Hasil riset LPPM IKA Muda UNPAD, mengenai komplitnya kepemimpinan Pak Ganjar Pranowo tersebut, dapat dilihat diantaranya:

pertama, bahwa Pak Ganjar Pranowo adalah Pemimpin yang tegas, cerdas, dan percaya diri;

Kedua, Pak Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang menjadi sosok teladan;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline