Lihat ke Halaman Asli

Teguh Ari Prianto

TERVERIFIKASI

-

Skill Kuliner dan Peningkatan Kelas UMKM dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif

Diperbarui: 10 Juli 2023   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Skiil memasak mumpuni dan inovasi menjadi penting dimiliki pelaku usaha kuliner dan ibu rumah tangga di era digital. Foto: Teguh Ari Prianto

Harum masakan macaroni schotel, menyebar di dalam ruangan. Racikannya khas, buah karya ahli memasak, Ajeng Meiwita, disukai  orang-orang siang hari itu.

Bertempat di Cafe Ayang, Jalan Flamboyan Panyileukan Kota Bandung, sedikitnya 40 orang terdiri dari ibu-ibu dan pengusahan kuliner di Kota Bandung, antusias mengikuti kegiatan "Cooking Demo Saldan & Bola Deli", Senin, 10 Juli 2023.

Mengikuti demo masak menjadi cara bagaimana pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan ibu-ibu mengembangkan skill bisnis kuliner dan kemampuan penyajian makanan bagi keluarga.

Bisnis kuliner ini bagi sementara pihak, bisa menjadi pilihan terbaik meningkatkan  pendapatan atau omset usaha secara signifikan.

Ajeng Meiwita sebagai
Member Komunitas Co Working Space (CWS) Panyileukan dan pengasuh Saldan Online Class (SOC), berinisiatif menggelar demo masak, tiada lain untuk berbagi skill dan peningkatan pengetahuan memasak di era digital.

Perkembangan dunia digital memicu orang-orang terus berinovasi. Pelaku usaha, ibu-ibu, dan anggota keluarga lainnya dituntut terus belajar menghadapi situasi ini.

Bidang kuliner pun  tidak lepas dari pengaruh perubahan ini, sehinggga pengetahuan dalam dunia maknan ini penting juga untuk terus ditingkatkan.

Dunia kuliner bisa menjadi pilihan bisnis menjanjikan apabila dikelola dengan baik, terlebih jika pilihan bisnisnya dipadukan dengan trend ekonomi kreatif.

"Dengan ekonomi kreatif, usaha kuliner sangat terbuka peluangnya unruk  naik kelas," ungkap Ajeng Meiwita.

Artinya, bisnis UMKM akan menjadi lebih bernilai. Usaha itu tidak sekedar mendapat keuntungan belaka, namun dapat terkondisikan secara kualitas dan manfaat jangka panjang baik bagi si pengusaha maupun bagi para konsumennya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline